nusabali

Tubuh Kembali Bugar Setelah Berendam di Pasir Hitam

Wellness Tourism ala Pantai Biaung

  • www.nusabali.com-tubuh-kembali-bugar-setelah-berendam-di-pasir-hitam

DENPASAR, NusaBali - Pantai Biaung, di Desa Kesiman Kertalangu, Desa Adat Kesiman, merupakan salah satu tempat rekreasi di Kota Denpasar. Karena warga kota Denpasar dan sekitarnya ramai berkunjung ke kawasan pantai yang terletak sekitar 500 meter dari jalan by pass Ida Bagus Mantra di selatan Banjar Biaung.

Selain  pemandangan alam pantai yang ramah,  hal lain yang menyebabkan  pengunjung  banyak datang karena  Pantai Biaung dianggap  tempat yang baik melakukan relaksasi, dengan cara berendam di pasir.

Di tempat ini, yang paling  gampang dijumpai pengunjung mengurung sebagian anggota badan, khususnya pada bokong, pangkal paha sampai ke ujung kaki. Tujuannya untuk memperoleh kebugaran.

Jro Mangku Pasek Nyoman Selamet,68, salah seorang pengunjung  mengaku merasakan dampak dari relaksasi berendam di pasir Pantai Biaung. 

“Ini antara fakta dan mitos, dampaknya pada peredaran darah, menjadi terasa lebih lancar,” ujarnya, Senin(11/12). Juga nafasnya dia rasakan menjadi lebih lega.

Dikatakan dengan beredam pasir, dia merasakan kakinya seperti dipijat. “Pijatan pada simpul-simpul pada jari  kaki itu kan salah satu cara penyembuhan,” terangnya.

Tidak hanya itu, Mangku Pasek Selamet menuturkan ada penderita stroke yang diajak keluarganya berendam pasir. Setelah rutin melakoni, kondisinya membaik.

“Pasir hitam di Biaung ini cocok untuk pengobatan alami dengan cara berendam pasir ini.”

Waktu yang dirasa paling tepat untuk berendam adalah saat pagi hari  sekitar jam 09.00 wita. Karena pasir sudah mulai memanas. Sore hari bisa juga. Hanya saja waktunya tidak lama. “Sebentar saja, karena pasir sudah mulai dingin,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan Made Darmayasa, pengunjung lainnya. “Pasir hitam ini khusus untuk terapi (berendam),” timpalnya.

Menurut Darmayasa,  fisik terasa lebih enteng  jika rutin berendam pasir. “Ya bisa dikatakan, ini cocok memang untuk wellness,” ucapnya mengiyakan.

“Dengan berendam di sini, saya merasa lebih bugar.B anyak dari luar yang datang ke sini  merasa lebih baik kondisi,” tambah I Nyoman Berata, pengunjung yang berendam pasir. 

“Mungkin  karena pasir  hitam pantai ini punya kandungan cocok untuk penyembuhan,” ujarnya.

I Ketut Jaya, 57,seorang petugas parkir di Pantai Biuang menuturkan Pantai Biaung sudah sejak lama dikenal sebagai tujuan wisata untuk penyembuhan.

“Ini kan pasirnya hitam, bukan pasir putih,” ujar Jaya. Dia menyebut banyak orang  yang mengaku mendapat kesembuhan setelah berendam di Pantai Biaung.

“Itu palinggih, juga aturan dari orang sembuh setelah mejemuh (berendam pasir) di sini,”  terangnya.

Keramaian kunjungan sangat terasa pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Ratusan pengunjung akan memenuhi tempat ini. Termasuk adalah  mereka yang dengan tujuan penyembuhan dengan berendam pasir.  K17

Komentar