nusabali

Job Fair Denpasar XVII: Ajang Berburu Kerja yang Efektif

  • www.nusabali.com-job-fair-denpasar-xvii-ajang-berburu-kerja-yang-efektif

DENPASAR, NusaBali.com - Job Fair XVII Kota Denpasar yang digelar di Dharma Negara Alaya, mulai 12 hingga 14 Desember 2023, menjadi ajang yang efektif untuk menghubungkan pencari kerja dengan 38 perusahaan penyedia kerja.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelamar kerja yang datang ke Job Fair, termasuk dari perusahaan-perusahaan besar. Salah satu perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair ini adalah Queens Tandoors, restoran India terkenal di Bali.

Lilik, HR Manager Queens Tandoors, mengatakan bahwa pada hari pertama Job Fair, ada 20 pelamar kerja yang mengajukan diri untuk proses rekrutmen.  “Kami membuka lowongan untuk beberapa posisi, seperti waiter, waitress, cook, dan kitchen helper. Untuk diketahui, ada empat lokasi Queen Tandoors di Bali, termasuk Ubud, Gianyar. Sisanya di Badung. Job Fair ini membantu kami dalam merekrut karyawan. Tidak hanya fresh graduate tapi juga pekerja profesional,” jelas Lilik.

Lilik menambahkan, penyedia kerja juga terbantu dengan adanya aplikasi khusus yang disediakan oleh Pemkot Denpasar.  “Pelamar kerja tinggal scan barcode, mereka akan mendapatkan nomor ID yang dicocokkan dengan nomor ID perusahaan. Dari situ, mereka mengisi data, misalnya lulusan sekolah mana, pengalaman kerja, nomor telepon dan alamat domisili,” jelas Lilik.

Dengan aplikasi ini, penyedia kerja tidak perlu lagi menyediakan berkas secara manual. Cukup membawa laptop saja. Adapun lowongan kerja yang tersedia, sebanyak 2.063.

“Pada akhir Job Fair, dokumen yang ada pada aplikasi akan dicetak dan diserahkan perusahaan penyedia kerja yang mengikuti Job Fair ini. Setelah itu, baru kami menyeleksi para pelamar kerja,” pungkas Lilik.

Di lokasi kegiatan, Pemkot Denpasar juga menyediakan wifi gratis yang tentu memudahkan para peserta Job Fair, baik para pencari maupun penyedia kerja.

“Tahun ini adalah kali kedua Queen Tandoors diundang mengisi Job Fair. Saya melihat program ini sangat bagus. Hanya saja perlu lebih disosialisaikan agar lebih ramai pengunjung. Job Fair tentu akan dapat menekan angka pengangguran di Kota Denpasar. Semoga kegiatan ini bisa rutin dan terus diadakan,” harap Lilik.*ol5


Komentar