nusabali

Perumda Air Tirta Sewakadarma Tracking Jalur Pipa di DMA Nuansa Hijau

  • www.nusabali.com-perumda-air-tirta-sewakadarma-tracking-jalur-pipa-di-dma-nuansa-hijau

DENPASAR, NusaBali.com - Perumda Air Tirta Sewakadarma melaksanakan evaluasi District Meter Area (DMA) Nuansa Hijau, Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara. Tracking ini bertujuan untuk mengecek kondisi pipa dari adanya indikasi kebocoran, sekaligus membersihkan kotoran pada saringannya.

Dalam kegiatan pada Senin (11/12/2023) itu, pihak Perumda melakukan tracking di sejumlah jalur pipa yang ada di DMA Nuansa Hijau. 

Anak Agung Gede Dalem Eka Wijaya, Kasubag Humas Perumda Air Tirta Sewakadarma, menyampaikan, dari hasil evaluasi tim yang turun ke lapangan, tidak ditemukan kebocoran pada pipa yang ada di DMA Nuansa Hijau. Kegiatan hanya meliputi pembersihan sejumlah saluran yang dinilai kotor. 

“Debit  air di DMA Nuansa Hijau masih tergolong memadai untuk layanan pengairan di wilayah tersebut. “Sebagian besar, debitnya sudah lebih bagus. Flow rata-rata di DMA Nuansa Hijau, sebesar 3,4 liter/detik,” jelas dia.

Evaluasi DMA Nuansa Hijau yang didampingi langsung oleh Kabag Distribusi Perumda Tirta Sewakadarma, dilaksanakan sejak pukul 08.30 Wita. Personil yang dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak 8 orang. “Dari DMA itu ada 3 orang, staf (Perumda) ada 3 orang. Untuk yang pekerja 2 orang,” terang Eka.

Anak Agung Gede Dalem Eka Wijaya, Kasubag Humas Perumda Air Tirta Sewakadarma,-ATANASIUS STEFRYAN

Evaluasi yang dilaksanakan merupakan program rutin dari Perumda Tirta Sewakadarma. Program ini bertujuan, memberikan kualitas layanan air minum yang baik bagi masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya, baik itu dari segi jumlah maupun kebersihan air yang masuk ke rumah warga.

“Itu evaluasi rutin. Kita biasanya dijadwalkan untuk pembersihan DMA-DMA yang kita punya. terjadwal itu,” kata Eka.

Untuk sekarang ini, jumlah DMA yang dikelola oleh Perumda Air Tirta Sewakadarma, sebanyak 20 DMA dan tersebar di beberapa wilayah di Kota Denpasar.

District Meter Area (DMA) merupakan salah satu infrastruktur penyedia layanan air yang bertugas membagi jaringan air ke dalam beberapa zona atau wilayah. 

Dengan adanya DMA, pihak pengelola lebih dimudahkan dalam pelaksanaan monitoring saluran dan pasokan air yang dialirkan. Sehingga, optimalisasi ketersediaan air dapat terwujud, dan laju kehilangan pasokan air dapat ditekan.*ol4

Komentar