nusabali

Siswa Muhammadiyah Tampilkan Kesenian Rodat

Pawai Ta'aruf dalam Pra Muswil ke-4 Kwartir Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Bali

  • www.nusabali.com-siswa-muhammadiyah-tampilkan-kesenian-rodat

DENPASAR, NusaBali - Ratusan siswa dari sekolah Muhammadiyah di Bali menggelar Pawai Ta'aruf dalam rangka Pra Muswil ke-4 Kwartir Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Bali tahun 2023 di Denpasar, Minggu (10/12). “Ratusan siswa ini berasal dari SD, SMP, SMA/SMK Muhammadiyah di Kota Denpasar,” jelas Ketua Panitia, Zainal Arifin.

Pawai Ta'aruf disebutkan bertujuan memperkenalkan kepanduan yang dimiliki oleh Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Bali. Pawai Ta'aruf dihadiri Kwarda Pramuka, Kwarcab Pramuka dan dilepas oleh Ketua Pimpinan Muhammadiyah Bali.


Selain Pawai Ta’aruf, juga dipentaskan semaphore variasi dan drumband. Menariknya, sejumlah siswa Muhammadiyah juga mementaskan Kesenian Rodat dari Kampung Islam Kepaon. Rodat diceritakan merupakan salah satu pasukan perang kerajaan Badung pemberian Cokorda Pemecutan. Saat itu Kampung Islam Kepaon membantu bertempur melawan kerajaan Mengwi dan perang Puputan Badung.

Kesenian Rodat oleh warga Kampung Islam Kepaon biasanya dipentaskan pada acara Maulid Nabi SAW, perkawinan, penyambutan pejabat, ataupun pada acara peresmian sebuah gedung/kantor. *rez

Komentar