nusabali

Saat Pimpin Apel Hari Relawan PMI

Arya Wibawa Dorong PMI Denpasar Jadi Role Model Kemanusiaan

  • www.nusabali.com-saat-pimpin-apel-hari-relawan-pmi

DENPASAR, NusaBali - Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memimpin apel peringatan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Jumpa Bakti Relawan PMI, di IPA (Instalasi Pengolahan Air)  Blusung, Perumda Tirta Sewakadarma, Denpasar, Sabtu (9/12). Arya Wibawa mendorong PMI Denpasar menjadi role model kemanusiaan.

Hadir dalam kegiatan kemarin, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda Denpasar, dan seluruh stakeholder kegawatdaruratan di Kota Denpasar. Arya Wibawa yang juga Ketua Pengurus PMI Denpasar menyampaikan, Hari Relawan PMI adalah bentuk penghormatan dan apresiasi kepada para relawan PMI yang secara sukarela memberikan waktu, tenaga, dan keterampilan mereka untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, baik dalam situasi darurat maupun kegiatan kemanusiaan lainnya. Peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran penting relawan dalam memberikan bantuan kemanusiaan.

“Hari ini (kemarin,red) dalam peringatan Hari Relawan PMI, tidak saja datang dari PMI, namun juga seluruh stakeholder kegawatdaruratan yang ada, khususnya di Kota Denpasar untuk terus bersemangat dan bersinergi dalam memberikan bantuan kemanusiaan,” ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut disampaikan Arya Wibawa, bahwa pada tahun 2005, Presiden Republik Indonesia, yang kala itu dijabat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), telah menetapkan tanggal 26 Desember sebagai Hari Relawan, dan bentuk penghargaan kepada Relawan PMI.

Melalui peringatan Hari Relawan PMI tahun 2023 ini, lanjutnya, PMI Kota Denpasar ingin memberikan apresiasi kepada relawan PMI Kota Denpasar atas sumbangsih yang telah diberikan. Selain itu juga, diharapkan relawan PMI Kota Denpasar menjadi role model bagi masyarakat untuk bersama-sama melakukan hal kecil namun bermanfaat dan dapat berdampak positif secara global, dengan menggelar kegiatan Jumpa Bakti Relawan PMI Kota Denpasar dengan tema ‘Bersatu dalam Kerelawanan’.

Arya Wibawa menekankan, PMI Kota Denpasar juga telah membentuk PMI di desa untuk bersinergi dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan di lingkungan desa. “Hari Relawan tidak hanya berlaku untuk relawan PMI saja, melainkan relawan dari berbagai organisasi lainnya, yang senantiasa membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan kemanusiaan,” ujar politisi senior PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Relawan PMI yang juga selaku Sekretaris PMI Denpasar, I Gusti Agung Rai Anom Suradi menyampaikan, dalam peringatan kemarin ingin memberikan apresiasi kepada relawan atas sumbangsih yang telah diberikan. Para relawan PMI Denpasar diharapkan dapat menjadi role model bagi masyarakat untuk bersama-sama melakukan hal kecil namun berdampak global, dengan meningkatkan peran relawan dalam organisasi PMI Kota Denpasar.

“Kegiatan peringatan Hari Relawan PMI di Kota Denpasar dilaksanakan dari tanggal 8 - 10 Desember mendatang dengan berbagai kegiatan, dari donor darah, cek kesehatan, dan kegiatan lingkungan,” ujar Anom Suradi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Arya Wibawa juga menyerahkan penghargaan kepada perwakilan Forpis, dan Forel, pemberian penghargaan kepada pendonor darah 25 kali, dan pemberian penghargaan kepada donatur/perusahaan yang mendukung dan membantu PMI Denpasar. Juga dilakukan pemberian sembako kepada warga Kelurahan Peguyangan, Desa Peguyangan Kaja dan Desa Peguyangan Kangin. Selain itu juga dilakukan penyerahan pohon secara simbolis yang akan ditanam di areal pura setempat.@mis

Komentar