nusabali

Pencurian Motor Marak, Warga Dencarik Intensifkan Ronda

  • www.nusabali.com-pencurian-motor-marak-warga-dencarik-intensifkan-ronda

SINGARAJA, NusaBali - Warga Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Buleleng, kini mengintensifkan penjagaan lingkungan melalui ronda malam.

Perbekel Desa Dencarik I Putu Kotariasa mengatakan, selama tiga bulan terakhir, kasus pencurian di wilayahnya marak terjadi. Tidak hanya sepada motor, pihaknya juga menerima laporan warga yang kehilangan hewan ternak yang diduga dicuri. Aksi pencurian ini sering dilakukan ketika malam hari. ‘’Kami sampai sekarang belum mengetahui pelakunya siapa karena sama sekali tidak mendapat informasi ciri-ciri pelakunya," ujarnya, saat dikonfirmasi pada Selasa (5/12) sidang.

Karena resah, warga pun berinisiatif menjaga keamanan desanya dengan mengintensifkan jam malam. Tujuannya meminimalisir tindak pencurian di wilayah desa. Pihak desa, mengadakan ronda secara bergiliran setiap malam, dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Linmas, Pecalang, dan masyarakat.

"Kami berinisiatif melaksanakan ronda keliling, dan untuk kasus pencurian sebelumnya terjadi kami sudah laporkan ke Polsek Banjar setiap kali ada kejadian," lanjutnya

Kapolsek Banjar AKP I Nyoman Mistanada menjelaskan, kasus kehilangan sepeda motor di wilayah Desa Dencarik sudah ditangani, termasuk kejadian serupa sekitar lima hari lalu. Selain itu, pihaknya juga mengatakan rutin melakukan patroli di seluruh wilayah Kecamatan Banjar. Dia meminta agar masyarakat di Kecamatan Banjar aktif menjaga wilayahnya masing-masing.

"Kami terus fokus mengadakan patroli siang dan malam dengan personil gabungan. Kami juga sampaikan melalui Bhabinkamtibmas terkait pengamanan barang berharga termasuk sepeda motor supaya tidak mudah dicuri," pungkasnya.*mzk

Komentar