nusabali

Sekdis Kominfo Badung Hadiri Penghargaan UMKM Terbaik

  • www.nusabali.com-sekdis-kominfo-badung-hadiri-penghargaan-umkm-terbaik

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung menghadiri pemberian penghargaan kepada 10 UMKM terbaik dari 100 pelaku UMKM, di Ramada Bali Sunset Road Kuta, Sabtu (2/12). Ajang ini menjadi bentuk apresiasi kepada pelaku UMKM dalam upaya menjadikan UMKM naik kelas.

Selain itu, dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada 15 fasilitator terbaik dari 110 fasilitator yang telah melakukan pendampingan kepada 20.000 UMKM dan berhasil meningkatkan banyak UMKM naik kelas dari sisi adopsi teknologi dalam Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 “UMKM Level Up” Tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung Anak Agung Gede Agung Arimayun mengapresiasi pemberian penghargaan tersebut. Pihaknya pun akan terus memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM di Badung terkait digitalisasi. Sebab fasilitas pendukungnya telah disiapkan oleh pemerintah, sehingga akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM di Gumi Keris.

“Kami berkerja sama dengan Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung untuk membuka wawasan UMKM terkait penggunaan media digital. Kemudian kami juga akan berkoordinasi dengan kementerian agar mendapatkan fasilitas, perhatian, seperti rekan-rekan saat ini yang mendapatkan award,” ujar Arimayun.

Sementara itu Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo Boni Pudjianto, berharap pemberian penghargaan ini menjadi momentum agar semakin banyak UMKM naik kelas. Bukan hanya pasar di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

“Sekarang eranya digital pemasaran juga memanfaatkan digital, jadi kita juga akan lihat tidak hanya pasar secara offline, tetapi juga kita bisa memasarkan secara online. Ini penting untuk meningkatkan omset setiap usaha dan juga meningkatkan produktifitasnya,” ucap Boni.

Lebih lanjut dia menyampaikan, UMKM yang telah naik kelas akan mendapatkan pendampingan selama enam bulan. Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk classroom yang dilaksanakan dalam seminggu dua kali. “Mereka terus didampingi agar kualitas penjualannya, management, dan pemasarannya lebih baik lagi,” ucapnya. @ ind

Komentar