nusabali

Bawaslu Bali Antisipasi Pelanggaran Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-bawaslu-bali-antisipasi-pelanggaran-pemilu-2024

MANGUPURA, NusaBali - Bawaslu Bali melakukan antisipasi ketat terhadap potensi pelanggaran Pemilu 2024. Anggota Bawaslu Bali/Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Bali, Ketut Ariyani menyampaikan Bawaslu Bali siap memberikan dukungan kepada jajaran pengawas kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa untuk Pemilu 2024.

Ariyani menjelaskan, bahwa kegiatan pengawasan saat ini pada pendistribusian logistik dan tahapan lainnya. Namun yang lebih penting, kata dia adalah memastikan bahwa semua jajaran Bawaslu memahami dengan baik regulasi yang berlaku.

“Kami dari Bawaslu Provinsi Bali memberikan support kepada jajaran kami di pengawas kecamatan dan pengawas penggerak desa pada Pemilu 2024. Kami ingin memastikan bahwa setiap pengawas kami memahami aturan. Sehingga mereka dapat memberikan pengingat yang efektif kepada peserta pemilu tentang tindakan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan,” ujar Ariyani saat ditemui di sela-sela rapat penyelenggaraan penanganan pelanggaran masa kampanye Pemilu 2024 di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Jumat (1/12) siang.

Ariyani menegaskan bahwa pemahaman regulasi akan membantu jajaran pengawas ketika menyampaikan aturan kepada peserta pemilu. Sehingga suasana pemilu semakin kondusif. “Kami menginginkan kondusifitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Badung dan Bali pada umumnya,” tambah mantan Ketua Bawaslu Bali periode 2018-2023 ini.

Sementara dalam upaya mengawasi perkembangan di media sosial, Ariyani menuturkan jika Bawaslu RI telah berkolaborasi dengan beberapa platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Dia menyatakan bahwa kerjasama ini memudahkan pihaknya untuk meniadakan pelanggaran yang terdeteksi di dunia maya, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan pemerintah pusat. Dia juga mengajak partisipasi masyarakat agar melaporkan pelanggaran yang terjadi di media sosial terkait Pemilu 2024.

Foto: Anggota Bawaslu Bali, Ketut Ariyani. --RIKHA SETYA

“Jika ada informasi yang tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta dan data, kami mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan laporan kepada kami di Bawaslu Provinsi Bali,” kata Srikandi asal Buleleng ini.

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Badung, I Putu Hery Indrawan menekankan pentingnya pemahaman bersama terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku, terutama regulasi terkait kampanye Pemilu 2024. “Pertemuan ini kita manfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan koordinasi antar jajaran Bawaslu hingga PKD. Kami pastikan, rapat ini mampu menjadi wadah untuk kita berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam kepengawasan pemilu,” ungkapnya.

Hery juga menyampaikan keyakinannya bahwa anggota jajaran Bawaslu memiliki kapasitas untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat. Hery memotivasi seluruh anggota Bawaslu Badung untuk berjuang mempertahankan aturan kampanye pemilu. “Saya meyakini, kita semua akan berjuang mempertahankan aturan kampanye pemilu dan memastikan bahwa kampanye Pemilu 2024 merupakan kampanye yang sehat, kampanye yang gembira dan nyaman untuk kita semua,” tegas Hery. Ol3

Komentar