nusabali

Siap-siap! Debat Capres Perdana Digelar 12 Desember

  • www.nusabali.com-siap-siap-debat-capres-perdana-digelar-12-desember

JAKARTA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat calon wakil presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Untuk pelaksanaan debat, kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, ada lima jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelenggara pemilu ini.

Jadwal pelaksanaan debat pada tanggal 12 dan 22 Desember untuk menutup akhir tahun 2023, kemudian dilanjutkan pada tanggal 7 dan 14 Januari 2024 dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024. "Ya, tanggal segitu," kata Hasyim saat memberikan keterangan di Jakarta, Rabu (29/11) petang.

Untuk tempat detail pelaksanaan debat, hingga kini KPU belum memberikan keterangan terkait dengan hal tersebut. KPU hanya memastikan bahwa pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden yang berlangsung sebanyak lima kesempatan akan berlangsung di Jakarta. Hasyim Asy’ari mengatakan topik debat calon presiden dan wakil presiden akan turut diarahkan pada konteks isu-isu domestik lima tahun ke depan. “Sebenarnya di Undang-Undang Pemilu sudah ada topik-topik yang dibahas dalam debat capres. Detailnya seperti apa (nanti) dan kemudian (termasuk) situasi global, situasi regional, lalu dampaknya terhadap konteks domestik di Indonesia dalam jangka waktu lima tahun masa jabatan presiden dan wakil presiden,” ujar Hasyim.

Hasyim menyatakan topik yang dibahas dalam debat capres-cawapres antara lain termasuk soal kondisi keuangan dan ekonomi RI ke depan. Menurutnya hal itu penting didiskusikan dalam debat, agar hal-hal yang disampaikan faktual sesuai dengan fakta dan sesuai dengan kondisi yang dihadapi Indonesia saat ini maupun lima tahun ke depan. “Supaya ketika menyusun program visi-misi kontekstual. Kira-kira itu,” jelas Hasyim.

Sementara anggota KPU RI August Mellaz bahwa berdasarkan dari sejumlah pertimbangan, diputuskan pelaksanaan debat dilakukan seluruhnya di Ibukota Jakarta. “Kami akhirnya mengambil keputusan pelaksanaannya di Jakarta," kata August saat diwawancarai di Kantor KPU RI. Ia menjelaskan bahwa keamanan menjadi salah satu alasan walaupun bukan menjadi pertimbangan yang utama karena terkait dengan itu merupakan tanggung jawab pihak yang berwenang. "Kami bukannya Jakarta sentris, ya. Kantor KPU di Jakarta, jadi lokasi dan termasuk ada faktor-faktor teknis, misalnya mobilisasi massa, segala macam dipindah di satu daerah, jadi biar lebih efektif saja," ungkap August.

KPU juga memastikan debat calon presiden dan wakil presiden tidak akan digelar seperti kuis cerdas cermat yang bersifat monoton atau tidak interaktif. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), ditentukan aturan mengenai kuantitas debat capres/cawapres sebanyak lima kesempatan. Dari kelima debat itu, kata dia, porsi untuk capres sebanyak tiga kali dan cawapres dua kesempatan.

Terpisah Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengatakan pihaknya akan mempersiapkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadapi debat Capres-Cawapres. Hal itu disampaikan Arsjad usai konferensi pers crowdfunding (penggalangan dana massal) untuk pemenangan Ganjar-Mahfud di Gedung High End, Jakarta, Rabu kemarin."Insya Allah, bismillah, kami lagi rundingkan. Kan nanti debatnya tanggal 12 ya kan," ujar Arsjad. Ia pun mengungkapkan persiapan Ganjar-Mahfud akan mulai dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini mengingat jadwal pelaksanaan debat capres/cawapres pertama jatuh pada Selasa, 12 Desember 2023.

Sedangkan Wakil Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Sudirman Said mengatakan pihaknya tidak mengadakan persiapan khusus untuk menghadapi debat calon wakil presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mendatang. "Tentu saja (debat) lebih serius sifatnya karena itu formal, tapi kita tidak menyiapkan khusus karena apa-apa (gagasan dan visi-misi) yang ditawarkan sudah sering ditawarkan dan itu juga sudah menjadi pengetahuan publik," kata Sudirman di Jakarta, Rabu. Menurut Sudirman bagi pasangan Anies-Muhaimin momen debat capres-cawapres hanya menjadi bagian dari sesi atau level lain yang harus dilakukan dalam rangkaian Pemilu 2024. 7 ant

Komentar