nusabali

Vending Machine Khusus UMKM Diluncurkan

  • www.nusabali.com-vending-machine-khusus-umkm-diluncurkan

JAKARTA, NusaBali - Kementerian BUMN meluncurkan vending machine atau mesin jual otomatis untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 'ATM' tersebut menjual produk-produk khusus UMKM.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, kehadiran vending machine UMKM ini sebagai jawaban atas persoalan pemasaran. Dia mengatakan, ketika Menteri BUMN Erick Thohir pergi ke daerah kerap mendapat pertanyaan mengenai pemasaran.

Dia mengatakan, Kementerian BUMN telah memiliki Pasar Digital (PaDi) UMKM untuk memasarkan produk UMKM. Namun, PaDi UMKM untuk skala besar.

"PaDi UMKm mereka bilang 'Itu B to B', karena kantor yang beli, BUMN yang beli, skala besar," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, seperti dilansir detikcom, Senin (27/11).

Para UMKM kemudian meminta agar karyawan BUMN untuk membeli produknya. Namun, itu sulit dilakukan karena tak mungkin Kementerian BUMN meminta karyawan untuk menggunakan uangnya. Akhirnya, muncullah ide untuk membuat vending machine.

"Pertama kita bikin di Kementerian BUMN, nanti kita berharap di setiap public service ada, di bandara, kemudian di LRT, stasiun di kapal, rest area, bahkan sampai nanti mungkin kita usul juga kantor-kantor BUMN juga ada. Kan karyawan BUMN kerja mereka bisa beli produk UMKM seperti ini," jelasnya.

SEVP Ultra Micro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Muhammad Candra Utama mengatakan, dalam peluncuran ATM UMKM ini, terdapat 11 UMKM yang terlibat dengan 19 produk. Adapun produk untuk isi vending machine ini merupakan makanan ringan atau snack.

"Produk UMKM yang terlibat untuk kali ini ada 19 produk UMKM dari 11 UMKM binaan Rumah BUMN. Sebenarnya kita ambil dari mitra binaan kita di Rumah BUMN yang di Slipi, BRI punya," katanya.

Di Rumah BUMN Slipi, kata dia, ada 5.000 UMKM mitra. Sementara, UMKM yang bergerak di makanan ringan ada 1.000 UMKM. "Yang pagi ini kesempatannya baru 11 UMKM, nanti kita akan gilir ini," katanya.

Dia bilang, BUMN lain akan terlibat dalam ATM UMKM ini. Dia mengatakan, vending machine yang diluncurkan Senin (27/11) merupakan percontohan.
"Pertama kita coba satu dulu karena ini untuk pilot project," ujarnya. 7

Komentar