nusabali

On Season 2023 in Bali: Kompetisi Fitness Body Contest dengan Sistem Penjurian Digital yang Adil

  • www.nusabali.com-on-season-2023-in-bali-kompetisi-fitness-body-contest-dengan-sistem-penjurian-digital-yang-adil

MANGUPURA, NusaBali.com - PT Positif Sistem Manajemen (PSM) akan menggelar kompetisi fitness body contest bertajuk On Season: Open Fitness Competition 2023 pada hari Sabtu (25/11/2023)  di Ballroom Hotel 100 Sunset, Kuta, Bali.

Kompetisi ini akan diikuti oleh atlet fitness body contest terbaik dari seluruh Indonesia. Hingga Jumat (24/11/2023), sudah terdata 100 pendaftar, dan jumlah ini diyakini akan terus bertambah karena biasanya peserta masih banyak yang mendaftar secara on the spot pada hari H.

Salah satu hal yang membedakan On Season 2023 dengan kompetisi fitness body contest lainnya di Indonesia adalah penggunaan sistem skoring digital. Sistem ini dirancang untuk memberikan lebih banyak rasa keadilan kepada atlet dan meningkatkan integritas serta transparansi dari para juri.

"Melalui On Season 2023, kami mengadopsi tema Justice for All, sebagai manifestasi komitmen kami untuk memberikan pengalaman yang adil dan transparan bagi setiap atlet yang berpartisipasi," ujar Dith Satyawan, Inisiator Program On Season 2023.

"Keputusan untuk merangkul sistem skoring digital merupakan langkah konkret kami untuk mengatasi kekhawatiran yang muncul selama ini di kalangan atlet terkait penilaian yang bias maupun yang kurang transparan," lanjut Dith.

Sistem skoring digital On Season 2023 akan menggunakan 12 juri yang akan menilai setiap atlet berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, seperti proporsi tubuh, komposisi otot, dan keanggunan. Setiap juri akan memberikan skor berdasarkan skala 1 hingga 10.

Skor dari setiap juri kemudian akan diolah secara digital untuk menghasilkan skor akhir bagi setiap atlet. Skor akhir ini akan menjadi dasar untuk menentukan pemenang dari setiap kelas kategori dan juara overall.

"Inovasi ini adalah bentuk respons langsung terhadap permasalahan yang telah lama ada di komunitas binaraga atau body contest, di mana penilaian seringkali tidak dikemas transparan dan minimnya penyampaian informasi terkait rekapitulasi hasil akhir yang jelas untuk dipertanggungjawabkan," ujar Dith.

"Kami tidak hanya memberikan kesempatan yang sama bagi setiap atlet untuk bersaing secara adil, tetapi juga membuka pintu bagi pertumbuhan komunitas fitness yang lebih inklusif dan objektif," tutup Dith.

Acara On Season 2023 akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Fitness Plus Indonesia. Inisiasi live streaming ini didesain untuk menjangkau audiens yang lebih luas, membuka kesempatan bagi siapa pun, dari berbagai profesi, untuk merasakan atmosfer kompetisi fitness body contest melalui format penyiaran yang layak.

Selain itu, live streaming juga menjadi peluang bagi sponsor dan mitra untuk terlibat secara langsung dalam menjangkau audiens global dalam industri fitness.

Kompetisi selama sekitar sepuluh jam yang mencakup 7 kelas kategori ditambah perebutan gelar juara overall. Total hadiah senilai kurang lebih Rp.150 juta termasuk hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Kelas kategori yang akan dilombakan pada kompetisi ini meliputi:
  • 1. Mr Bali Men's Fitness
  • 2. Junior Men's Fitness
  • 3. Men's Fitness
  • 4. Men's Sport Fitness
  • 5. Men's Athletic Physique
  • 6. Women Fitness Model
  • 7. Women Sport Physique

Komentar