nusabali

‘Dewi’ Minta Sebaran Turis Lebih Merata

  • www.nusabali.com-dewi-minta-sebaran-turis-lebih-merata

DENPASAR, NusaBali - Kalangan pengelola desa wisata (dewi) berharap sebaran wisatawan di Bali bisa lebih merata. Tidak saja ke kawasan-kawasan wisata  yang selama ini sudah terkenal, tetapi juga ke desa -desa wisata. Terutama  desa wisata-desa wisata yang masih dalam tahap  rintisan dan berkembang.

Untuk itu pihaknya mengharapkan pemerintah lebih meningkatkan atensinya terhadap desa wisata.

“Sebagai pelaku dan penggerak desa wisata dan wisata desa, suport baik dari pemerintah, kabupaten/provinsi terus ditingkatkan dan dilanjutkan,” ujar Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Kabupaten Klungkung, I Wayan Malendra, Kamis (23/11).

Tambahan perhatian tersebut seperti  pelatihan, meningkatkan promosi. Kemudian mendorong   industri  seperti  travel agent, perhotelan dan lainnya agar lebih banyak mengajak wisatawan menikmati desa wisata atau wisata desa.

“Sehingga sebaran wisatawan lebih merata,” ujarnya. Dengan demikian, pembangunan pariwisata juga  tidak terkesan numplek pada daerah atau kawasan tertentu saja. Namun merata ke seluruh pelosok yang ada di Pulau Dewata.

Ketua Forkomdewi Bali, I Made Mendra Astawa juga mengungkapkan harapan yang sama.

Selama ini, menurut Mendra Astawa pemerintah sudah memberi support kepada desa wisata. Antara lain memberi  pendampingan dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Di sisi lain juga ada pemberian bantuan fasilitas penunjang seperti toilet dan lainnya. Serta ada dukungan dari industri  sebagai partner.

“Walaupun demikian  kita memang  tetap berharap support agar desa wisata maupun desa wisata semakin berkembang dan maju sebagai potensi pariwisata Bali,” ucap Mendra Astawa.

Sekadar diketahui jumlah desa wisata di Bali saat ini sebanyak 238. “Harapannya desa wisata semakin berkembang dan maju, sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Setidaknya di desa wisata bersangkutan,” kata Mendra Astawa. k17.

Komentar