nusabali

Dinas Damkar Denpasar Tetap Siagakan Mobil Pemadam di TPA

  • www.nusabali.com-dinas-damkar-denpasar-tetap-siagakan-mobil-pemadam-di-tpa

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Denpasar tetap menyiagakan mobil pemadam kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, kendati api dinyatakan sudah padam 100 persen. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi api kembali muncul di tengah timbunan sampah, karena cuaca panas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana, Rabu (22/11), mengatakan saat ini api sudah padam 100 persen, namun pihaknya tetap menyiagakan satu unit mobil pemadam. Menurut Tirana, di TPA Suwung juga sudah ada dua unit mobil tangki yang juga disiagakan untuk berjaga-jaga.

“Kami tetap melakukan pemantauan sampai betul-betul tidak ada api. Sementara kami siagakan satu unit mobil pemadam,” kata Tirana.

Sementara itu, Pemerintah Kota Denpasar secara khusus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat mendukung proses penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar Selatan.

Pascaberakhirnya Status Darurat Bencana Kebakaran di TPA, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan situasi di TPA Suwung sudah kondusif. Api secara menyeluruh telah padam dan proses pembuangan sampah sudah lancar kembali.

Untuk itu, Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penanganan musibah kebakaran tersebut. Selama penanganan, beberapa tim dilibatkan, mulai dari Tim Pemadam Kebakaran dari Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Bangli.

Terdapat pula Tim Manggala Agni dari Kementerian LHK, helikoper water bombing dari BNPB, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Satpol PP, Tim Dinas Kesehatan, perbekel/lurah penyangga dan terdampak, Tim Pelindo hingga Tim Dinas Sosial bersama relawan kemanusiaan yang telah membantu proses pemadaman api, pemberian konsumsi hingga penanganan kesehatan.

Walikota Jaya Negara juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Gianyar dan Pemkab Tabanan yang telah membantu Kota Denpasar dalam penanganan sampah selama musibah kebakaran TPA Suwung. Hal ini lantaran selama penanganan tersebut, sampah di Kota Denpasar untuk sementara dikirim ke TPA Mandung dan TPA Kelating di Kabupaten Tabanan dan TPA Temesi di Kabupaten Gianyar.

“Astungkara api sudah padam, dan Status Darurat Bencana Kebakaran di TPA Suwung sudah berakhir. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu, dan telah membantu optimalisasi penanganan kebakaran hingga padam. Sekali lagi terima kasih untuk semua yang telah membantu dan bekerja dengan optimal, termasuk Pemkab Gianyar dan Tabanan yang telah membantu dalam penanganan sampah selama musibah kebakaran ditangani,” kata Walikota Jaya Negara. 7 mis

Komentar