nusabali

3 Camat di Karangasem Jabat Eselon 2

  • www.nusabali.com-3-camat-di-karangasem-jabat-eselon-2

AMLAPURA, NusaBali - Tiga camat di Karangasem berhasil menduduki jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama atau setingkat eselon IIb. Mereka dilantik di Gedung Sabha Prakerti, Kantor Bupati Karangasem, Senin (20/11). Tiga jabatan ini hasil lelang jabatan dan telah direkomendasi KASN (Komite Aparatur Sipil Negara).

Satu lagi hasil lelang jabatan, atas nama Tjokorda Made Surya Darma, sebelumnya sebagai Inspektur Pembantu I pada Inspektorat daerah Karangasem, dilantik sebagai Kadis Perhubungan. Tiga camat yang dilantik untuk eselon IIb,  yakni Putu Eddy Surya Artha sebagai Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, sebelumnya Camat Manggis.  Ida Nyoman Astawa sebagai Kadis Ketenagakerjaan yang  sebelumnya Camat Karangasem, dan Artha Negara sebagai Kadis Komunikasi dan Informatika, sebelumnya Camat Abang.

Hal mengejutkan, yakni hasil lelang untuk jabatan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, peraih skor tertinggi I Gusti Ngurah Wiranata, Camat Bebandem skor 80,32, peringkat kedua Ida Nyoman Astawa Camat Karangasem skor 80,29, dan I Nyoman Alex Merta Edi Sekdis Pemerintahan Masyarakat Desa skor 80,25. Ternyata yang dapat rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian (PPK), adalah Ida Nyoman Astawa untuk menduduki jabatan eselon IIb.

Bupati I Gede Dana usai melantik, mengatakan  menetapkan pejabat eselon IIb itu telah melalui kajian dan berbagai pertimbangan. "Ketiga camat itu memang layak menduduki jabatan eselon IIb, sesuai kompetensinya," jelasnya.

Sekdakab I Ketut Sedana Mertha saat mendampingi Bupati I Gede Dana mengatakan, hasil dari seleksi itu sepenuhnya kewenangan PPK (pejabat pembina kepegawaian). Hanya saja, tiga dari empat pejabat eselon IIb, didominasi camat. Sekretaris Panitia seleksi yang juga Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia I Komang Agus Sukasena enggan memberikan tanggapan. Ketua Alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri Cabang Karangasem, dan mantan Camat Bebandem ini, hanya terdiam.

Bupati Dana juga melantik enam camat, karena pejabat sebelumnya memasuki purnatugas dan lowong karena naik jabatan. Bupati juga melantik 3 pejabat eselon IIIa, 9 pejabat eselon IIIb, 9 pejabat eselon IVa, dan  4 pejabat eselon IVb.7k16

Komentar