nusabali

BLK Jembrana Sediakan Paket Pelatihan Calon PMI

  • www.nusabali.com-blk-jembrana-sediakan-paket-pelatihan-calon-pmi

NEGARA, NusaBali - Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jembrana I Putu Agus Arimbawa menjelaskan bahwa pada tahun 2024 nanti, akan diadakan paket pelatihan bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Bahkan, dirinya menyampaikan ada target di tahun 2024 nanti agar ada 200 orang bisa diberangkatkan dari alumni pelatihan BLK. “Prosedurnya anak-anak ikut pelatihan dulu di BLK. Jadi untuk tahun depan kita ada beberapa paket pelatihan yang proyeksinya sebagai calon PMI. Seperti pelatihan Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, welder (juru las), dan lainnya” ujar Agus Arimbawa.

Menurut Agus Arimbawa, untuk waktu pelatihan itu rata-rata diikuti selama tiga bulan. Terkecuali untuk pelatihan terapis yang hanya 1 bulan. Terkait dengan pemberangkatan, Pemkab Jembrana menanggung subsidi sebesar Rp 5 juta untuk biaya pelatihan itu.

“Ini kita contohkan ke Jepang. Jepang itu biaya totalnya Rp 35 juta. Dengan subsidi Rp 5 juta, kemudian pinjaman koperasi Rp 25 juta, jadi anak-anak secara mandiri harus mempersiapkan uang Rp 5 juta untuk biaya prosesnya,” terang Agus Arimbawa.

Pemkab Jembrana berharap dengan adanya program pelatihan dan pemberangkatan tenaga kerja ke luar negeri ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jembrana, khususnya generasi muda.7ode

Komentar