nusabali

Madenan Siapkan Ki Raja Festival Durian

  • www.nusabali.com-madenan-siapkan-ki-raja-festival-durian

SINGARAJA, NusaBali - Kabupaten Buleleng, dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah-buahan berkualitas, salah satunya adalah durian. Durian Ki Raja dari Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, bahkan telah meraih juara kontes durian nasional pada tahun 2019.

Melihat potensi durian Ki Raja yang luar biasa, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Ki Raja Festival Durian pada 1-3 Desember 2023 mendatang. Festival ini akan menjadi ajang untuk memperkenalkan durian Ki Raja kepada masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Suksma Oktiva Askara, mengatakan bahwa Ki Raja Festival Durian ini diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik wisata baru di Buleleng. Festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, khususnya para petani durian.

“Durian Ki Raja merupakan salah satu produk unggulan Buleleng yang memiliki kualitas yang sangat baik. Kami berharap dengan adanya festival ini, durian Ki Raja dapat lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Dody usai memimpin rapat persiapan Ki Raja Festival di Kantor Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Jumat (17/11).

Ditambahkan, event pertama ini ke depannya akan terus berkelanjutan. Ini adalah sebuah triger bagi komoditi buah di Buleleng."Kita akan branding buah Durian Ki Raja dan sejenisnya, buah alpukat, kopi, manggis, coklat dan buah unggulan  lainnya yang ada di Buleleng, termasuk produk segar, frozen dan produk turunannya, serta olahan pangan lainnya," terangnya.

Dody menambahkan, festival ini akan melibatkan berbagai pihak, termasuk komunitas pertanian Desa Madenan, para pelaku usaha kuliner, dan pelaku industri pariwisata. Festival ini juga akan didukung oleh berbagai sponsor, baik dari pemerintah maupun swasta.

“Kami optimistis Ki Raja Festival Durian ini akan menjadi sukses dan dapat menarik banyak pengunjung. Kami berharap festival ini dapat menjadi salah satu momentum untuk mempromosikan potensi wisata Buleleng,” pungkas Dody.7

Komentar