nusabali

Perenang Bali Siap Raih Medali

  • www.nusabali.com-perenang-bali-siap-raih-medali

Enam perenang Bali yang memperkuat Indonesia di ASEAN School Games (ASG) berangkat ke Singapura pada Kamis (13/7) sore. 

ASEAN School Games (ASG) 2017 

JAKARTA, NusaBali
Sebelum berangkat mereka dilepas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pada Rabu (12/7). 

enurut pelatih Bali I Wayan Wiarta, dilepasnya mereka oleh sang menteri menambah motivasi untuk berlaga di ASG. Para perenang itupun ditarget dan siap meraih medali emas di turnamen multievent antarpelajar itu. 

"Sudah dilepas Menpora, kalau dari PRSI tidak ada yang melepas. Dilepas Menpora, tentu menambah semangat anak-anak. Apalagi mereka sudah siap bertanding di ASG," ujar Wayan Wiarta, sebelum ke Singapura, Kamis (13/7).

Enam perenang Bali itu di Jakarta sejak (5/7). Mereka menjalani latihan sentralisasi di Cikini bersama perenang dari daerah lainnya. Total 27 perenang dan empat pelatih. Empat pelatih adalah Akbar Nasution dari DKI Jakarta, Hendra dari Jawa Barat, Janu dari Jawa Tengah dan I Wayan Wiarta dari Bali.

Disingung soal persaingan, Wiarta mengaku telah memetakan siapa saja perenang yang perlu diwaspadai. Antara lain dari Thailand, Vietnam dan Singapura. Disana para perenang ditargetkan meraih prestasi terbaik. Ke enam perenang Bali adalah Putu Wirawan di kelas punggung 50 dan 100 meter.

Pande Made Iron Digjaya di nomor 200 meter gaya dada. Lalu Dewi Novita Lestari di nomor 100 dan 50 meter gaya punggung, Agus Nuarta di nomor 100 meter gaya bebas. Kemudian Dewa Gede Anom Artha Tenaya di nomor 200 meter gaya kupu-kupu serta M. Fauzan di nomor 50 dan 100 meter gaya kupu-kupu.

Sebelum perenang pergi ke Singapura, atlet atletik sudah berangkat terlebih dulu. Mereka pergi Kamis pagi (13/7), termasuk atlet lompat tinggi Ni Made Eppi Wilantika. 

"Saya saat ini sudah sampai di Singapura," ucap atlet kelahiran Abiansemal, 15 Februari 2000.  Meski sudah tiba disana, Eppi belum menjajal lokasi pertandingan. Eppi sendiri bertanding pada 15 Juli besok. Sedangkan pembukaan pada 14 Juli. Saat pembukaan Eppi ikut defile kontingen Indonesia. 

Sementara itu, Indonesia mengikuti 10 cabang olahraga pada ajang ASEAN School Games (ASG) itu. Dari total 124 medali emas yang diperebutkan, skuat Merah Putih diharapkan minimal meraih 30 emas untuk menempati peringkat kedua.

Pada ASG 2016 yang digelar di Chiang Mai, Thailand, Indonesia menempati peringkat kedua dengan koleksi 30 medali emas, 34 medali perak, dan 35 medali perunggu. Kali ini Indonesia berkekuatan 265 orang yang terdiri dari 184 atlet, 34 pelatih, 10 manajer, 7 wasit, dan 30 ofisial.

Indonesia akan bersaing dengan sembilan negara ASEAN lainnya yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Filipina. *k22

Komentar