nusabali

Dinas P3AP2KB Evaluasi Pengarusutamaan Gender Desa

  • www.nusabali.com-dinas-p3ap2kb-evaluasi-pengarusutamaan-gender-desa

GIANYAR, NusaBali - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Gianyar menggelar monitoring dan evaluasi pengarusutamaan gender (PUG) desa maupun kelurahan.

Evaluasi digelar di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Gianyar, Selasa (14/11). Evaluasi meliputi penyelenggaraan program rutin untuk kegiatan yang responsive gender maupun inovasi desa/kelurahan, serta pendampingan untuk pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), dan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA).

Monev diikuti para perangkat desa/kelurahan maupun unsur perencana desa/kelurahan. Menghadirkan narasumber AA Rai Kartini dari Widya Iswara BPSDM Provinsi Bali dan I Nyoman Widiartha Mahajaya. Kadis P3AP2KB Kabupaten Gianyar I Gusti Agung Sri Widiawati mengatakan, monev ini untuk mewujudkan misi pemberdayaan perempuan. Terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Gianyar. 


Pemkab Gianyar telah mengambil beberapa langkah kebijakan maupun program untuk mempercepat pencapaian pelaksanaan PUG di daerah. Mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dari seluruh kebijakan, program, kegiatan di berbagai bidang pembangunan nasional dan daerah, yang bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. “PUG dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan serta mendapat manfaat dari kebijakan program pembangunan,” kata Agung Sri Widiawati.

Penyelenggaraan PUG juga menjadi indikator dalam rangka penganugrahan atas keberhasilan pembangunan di daerah yaitu Anugerah Parahita Eka Praya (APE), yang diberikan kepada kementerian/lembaga, gubernur, bupati dan walikota dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang kehidupan. “Penghargaan APE kepada Bupati Gianyar yaitu Peringkat Madya tahun 2016, Peringkat Madya tahun 2018, Peringkat Utama tahun 2020 sedangkan tahun 2023 penyelenggaraan PUG sedang dalam penilaian atau verifikasi lapangan,” ujar Agung Sri Widiawati. 7 nvi

Komentar