nusabali

Borneo Permalukan Bali United

  • www.nusabali.com-borneo-permalukan-bali-united

Kemenangan atas Bali United membuat Borneo FC kukuh di puncak klasemen. Mereka memimpin dengan 41 poin, unggul enam angka dari Persib Bandung di posisi kedua (35 poin). Bali United tertahan di posisi keempat, dengan 33 poin.

GIANYAR, NusaBali
Bali United mendapat malu di kandang sendiri, usai kalah 1-2 dari Borneo FC, dalam laga pekan ke-19 Kompetisi BRI Liga 1 2023-2024, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (12/11) malam. 

Serdadu Tridatu tertinggal pada menit ke-28 lewat gol Felipe Cadenazzi. Bali United bermain dengan 10 orang setelah Jajang Mulyana dikartu merah. Meski kalah jumlah pemain, Skuad Serdadu Tridatu berhasil menyamakan skor lewat Jefferson pada menit ke-50. 

Namun pada menit akhir, Bali United kebobolan. Cadenazzi kembali menjadi aktor kunci Borneo FC dengan golnya menit ke-89. Skor 2-1 untuk tim tamu Borneo FC dan bertahan hingga akhir laga. 

Pada laga lain, Dewa United bermain imbang 1-1 melawan PSM Makassar di Indomilk Arena. Setelah unggul pada menit ke-9 lewat Majed Osman, Dewa United kebobolan pada menit ke-29 oleh Victor Mansaray.

Kemenangan atas Bali United membuat Borneo FC kukuh di puncak klasemen. Laskar Pesut Etam memimpin 41 poin, unggul enam angka dari Persib Bandung di posisi kedua (35 poin). Sedangkan Bali United tertahan di posisi keempat, dengan 33 poin.

Dalam laga tersebut, Bali United lebih dulu menekan namun usaha Privat Mbarga masih belum membuahkan hasil. Borneo FC balik mengancam namun sepakan Rizky Dwi Febrianto masih tipis di samping gawang.

Pada menit ke-24, wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran kepada Sihran di kotak penalti. Felipe Cadenazzi sebagai eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan membawa Borneo FC unggul 1-0.

Bali United mencoba membalas ketertinggalannya. Namun berselang 10 menit dari gol pertama, malapetaka menghampiri skuad Serdadu Tridatu, julukan Bali United, setelah bek Jajang Mulyana harus diganjar kartu merah.

Kartu kuning kedua alias kartu merah diberikan kepada Jajang di menit ke-37 setelah melakukan pelanggaran keras kepada Cadenazzi. Bali United masih mampu memberikan perlawanan namun skor 1-0 bagi Borneo FC bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Bali United yang mencoba berjuang dengan sepuluh pemain justru mampu menyamakan skor. Jefferson Assis mampu merobek gawang Borneo, dan memaksakan kedudukan imbang 1-1 di menit ke-50.

Borneo FC, yang mendominasi di babak kedua, akhirnya dapat gol kemenangan di jelang waktu normal habis. Cadenazzi mencatat brace sekaligus membawa Borneo FC menang 2-1 lewat golnya pada menit ke-89. Skor 2-1 bertahan hingga laga selesai.

Selanjutnya dalam pertandingan terdekat, Bali United akan menghadapi Madura United pada Kamis (23/11) di Stadion Gelora Bangkalan. Pelatih Bali United, Stefano ‘Teco’ Curruga mengungkapkan keprihatinannya atas perubahan jadwal pertandingan yang dilakukan operator Liga I saat melawan Madura United tersebut.

Perubahan jadwal itu dinilai Teco sangat merugikan Serdadu Tridatu. Pasalnya, dua anak asuhnya dipastikan tidak akan membela timnya karena masih berada di Timnas masing-masing di kualifikasi Piala Dunia, yakni Ellas Dollah yang membela Thailanda dan Priva Mbarga yang membela Kamboja.

Teco mengungkapkan keputusan operator Liga I tersebut sangat disayangkan. Hal ini tidak lain karena sebelumnya managemen Bali United sempat bersurat kepada operator Liga I agar ada perubahan jadwal jelang lawan CC Mariners dalam lanjutan AFC Cup pada 8 November lalu. 

"Saat itu kami meminta untuk mundur satu pertandingan saat melawan Sleman (PSS Sleman). Namun, dari operator tidak diperbolehkan," kata Teco, jelang menjamu Borneo FC pada Minggu. dar

Komentar