nusabali

Karya Penaung Bayu di Pura Batu Madeg Besakih

  • www.nusabali.com-karya-penaung-bayu-di-pura-batu-madeg-besakih

AMLAPURA, NusaBali - Dua sulinggih Muput upacara Karya Penaung Bayu di Pura Batu Madeg Besakih, di Banjar Batu Madeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Tilem Kalima, Redite Paing  Ugu, Minggu (12/11).

Kedua sulinggih dimaksud, Ida Pedanda Gede Bajra Sikarayoga dari Griya Buddha Saraswati Senepahan, Desa/Kecamatan Kediri, Tabanan dan Ida Pedanda Gede Punia Tegeh Peling dari Griya Soka, Bangli.

Prosesi diawali menggelar pabersihan di areal mandala upacara, berlanjut menggelar banten pacaruan untuk menyomiakan unsur bhuta kala, dengan ngayab banten. Kemudian, puja tri Sandya bersama, disusul muspa tujuh kali, diakhiri mohon tirtha.


Koordinator Pamangku Pura Besakih I Gusti Mangku Jana mengatakan, Karya Penaung Bayu dilaksanakan setiap tahun, bertujuan untuk menguatkan tenaga seluruh umat sedharma termasuk makhluk hidup isi semesta. "Setelah seluruh isi semesta kekuatannya seimbang, bayu artinya kekuatan sehingga terjadi siklus kehidupan yang berimbang pula, untuk kita mohon bersama," jelasnya.

Karya Panaung Bayu itu juga, jelasnya, untuk menghaturkan kembali anugerah Ida Bhatara, dengan harapan kembali dapat anugerah untuk kelangsungan kehidupan.

Mangku Jana menyebutkan, di pura ini pujawali dilaksanakan setiap setahun sekali. Tahapannya, Nanceb Sunari Lan Negtegang Pedagingan, Soma Umanis Bala (6/11), berlanjut Matur Piuning Lan Nuur Ida Bhatara Tirtha, Wraspati Wage Bale, Kamis (9/11), Nedunang Ida Bhatara, Sukra Kliwon Bala, Jumat (10/11), Mapepada pada Saniscara Umanis Bala, Sabtu (11/11), dan puncaknya Redite Paing Ugu, Minggu (12/11, Nyineb Buda Kliwon Ugu, Rabu (15/11).


Pura Batu Madeg Besakih diempon Pamaksan Batu Madeg, merupakan salah satu Pura Catur Dala, stana Ida Bhatara Wisnu dengan ciri khas seluruh pangangge (busana palinggih) serba hitam. Setiap tahun ada tiga upacara di Pura Batu Madeg Besakih, yakni pada Soma Umanis Tolu dan digelar aci Penaung Bayu pada Tilem Sasih Kalima, dan Ida Bhatara Turun Kabeh, Purana Kadasa. Di pura ini terdapat tiga meru tumpang solas (sebelas), masing-masing linggih Ida Bhatara Bebotoh, linggih Ida Bhatara Wisnu dan Ida Bhatara Manik Bungkah. Juga ada dua meru tumpang 9, linggih Ida Ratu Mas Buncing, dan Ida Bhatara Manik Angkeran. Ada juga palinggih, Gedong Pujung Sari, Pesamuan Agung, Bale Pepelik, dan lain-lain.

Pura Batu Madeg Besakih diempon Pamaksan Pura Batu Madeg, dengan Kelian I Nengah Suastama Yasa, Sekretaris I Wayan Beneh. Pura ini juga emponan Pemkab Bangli.7k16

Komentar