nusabali

Deklarasikan Pemilu Damai 2024

‘King of Sparko’ Kumpulkan Parpol di Gianyar

  • www.nusabali.com-deklarasikan-pemilu-damai-2024

GIANYAR, NusaBali - Komandan Kodim (Dandim) 1616/Gianyar, Letkol Inf Eka Wira Dharmawan yang dijuluki ‘King of Sparko’ kumpulkan seluruh partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, di Kabupaten Gianyar, Jumat (10/11).

Bertepatan dengan Hari Pahlawan kemarin, parpol peserta pemilu juga didorong untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Makodim 1616/Gianyar. 

Dalam deklarasi damai tersebut diisi dengan penandatanganan ikrar dari para peserta pemilu sebagai bentuk komitmen menciptakan pesta demokrasi yang jujur, adil dan transparan.

Dandim Eka Wira juga mengajak semua pihak untuk berkomitmen mematuhi dan menaati segala bentuk aturan Pemilu 2024. Menurut dia, kepatuhan terhadap seluruh aturan akan menjadi jaminan pelaksanaan pemilu berjalan adil. “Kita juga harus bisa membentengi diri dari berita hoax yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut dengan menggunakan isu SARA,” ujar alumni Akmil 2003 ini.

Dandim Eka Wira di hadapan parpol di Gianyar juga menyinggung viralnya penurunan atribut parpol saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Gianyar beberapa waktu lalu. Padahal, saat itu posisi TNI hanya menjalankan perintah atasan. “TNI maupun anggota Polri juga ikut di lapangan mengawasi penertiban. Karena kehadiran TNI juga terunggah di media sosial, justru digiring dengan beragam narasi berbeda. Kami tegaskan pihak TNI tetap netral. Kami hadir berdiri  dan mengawasi kegiatan tersebut,” tegas Dandim.

Dandim Eka Wira berharap melalui kegiatan deklarasi damai kemarin, maka penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Gianyar dapat berjalan aman dan kondusif. Sebab hal itu merupakan syarat mutlak demi mewujudkan kemajuan bangsa. “Kami berharap seluruh masyarakat berpartisipasi tinggi menyalurkan hak pilihnya untuk suksesnya semua tahapan Pemilu 2024.” ujar perwira kelahiran Singaraja yang malang melintang di kesatuan Kopassus ini. 

Sementara Kepala Kesbangsospol Gianyar, Dewa Amertha secara terpisah menegaskan iklim kondusif di pemilu wajib diwujudkan seluruh elemen masyarakat. Kata dia, pengalaman pada pemilu sebelumnya yang berjalan damai, tertib serta partisipatif, menunjukkan bahwa masyarakat Gianyar memiliki kedewasaan berdemokrasi. “Seyogyanya  ini menjadi motivasi  bersama. Semua pihak wajib kawal sukseskan Pemilu 2024,” papar Dewa Amerta yang kemarin hadir mewakili Penjabat Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa.

Sementara Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura, mengatakan selain parpol,  partisipasi pemilih hingga media juga memiliki peran penting. Dikatakannya, seluruh rangkaian sudah berjalan dan hingga kini tidak ada sengketa. “Mari kita laksanakan tupoksi masing-masing dengan baik. Semoga hasil dari pesta demokrasi ini bermanfaat kan bagi masyarakat,” ujar Mura.n nvi 


Komentar