nusabali

IKK Naik Jadi 124,3 di Oktober

  • www.nusabali.com-ikk-naik-jadi-1243-di-oktober

JAKARTA, NusaBali - Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Keyakinan Konsumen di Indonesia naik pada bulan Oktober 2023. Peningkatan keyakinan itu tercermin dalam Survei Konsumen yang baru dirilis BI.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober tercatat meningkat menjadi 124,3, lebih tinggi dibandingkan September 2023, yaitu sebesar 121,7.

"Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2023 sebesar 124,3, lebih tinggi dibandingkan dengan 121,7 pada September 2023," kata Direktur Departemen Komunikasi BI Nita A.

Muelgini dalam keterangan pers, seperti dilansir CNBCIndonesia.com, Rabu, (8/11).

Nita mengatakan meningkatnya keyakinan konsumen pada Oktober 2023 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). IKE tercatat meningkat terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja.

Sementara itu, IEK juga tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, yaitu pada Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja, Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha, dan Indeks Ekspektasi Penghasilan.

"Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Oktober 2023 tercatat masing-masing sebesar 114,4 dan 134,2," kata dia.

Meski mencatatkan kenaikan keyakinan konsumen, BI juga mencatat terjadi penurunan terhadap sejumlah faktor pembentuk IKE.

Keyakinan konsumen dalam pembelian durable goods atau barang jangka lama menurun terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1-2 juta. Dilihat dari kelompok usia, penurunan Indeks Pembelian Durable Goods terdalam terjadi pada kelompok usia di atas 60 tahun.

"Optimisme responden terhadap penghasilan saat ini juga menurun dibandingkan bulan sebelumnya, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran di atas Rp 4 juta. Berdasarkan kelompok usia, penurunan indeks terdalam terjadi pada kelompok responden usia 41-50 tahun tetapi masih di area optimis," kata Nita. 7

Komentar