nusabali

OJK Bakal Luncurkan Roadmap Pinjol

  • www.nusabali.com-ojk-bakal-luncurkan-roadmap-pinjol

JAKARTA, NusaBali - Otoritas Jasa Keuangan akan segera meluncurkan peta jalan (roadmap) Industri Peer to Peer (P2P) Lending alias pinjaman online (Pinjol). Sebelumnya, OJK telah meluncurkan roadmap Industri Asuransi 2023-2027 pada Oktober lalu.

"Sebentar lagi kami mau launch roadmap dari Peer to Peer Lending. Insya Allah, kami rencanakan tanggal 10 November," ucap Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK, Agusman, dalam diskusi akhir pekan ini seperti dilansir kompas.com.

Menurut Agusman, OJK menginginkan industri P2P lebih sehat dan berintegritas, sehingga bisa mendorong inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan. Dengan spirit kepahlawanan ini, kita ingin ubah supaya P2P itu bermartabat dan betul-betul berkontribusi," kata dia. Agusman menjelaskan, saat ini porsi pinjaman pinjol masih didominasi oleh sektor konsumtif dibandingkan produktif. Pihaknya berharap dengan adanya peta jalan ini, porsi produktif menjadi bisa lebih besar lagi.

"Jadi kalau sekarang prosi dari produktif dan konsumtifnya itu tidak seimbang. Sekarang yang produktif 30 persenan. Kami minta 5 tahun ke depan minimum 70 persen, jadi kita membaliknya," ucapnya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Agusman adalah dengan menurunkan tingkat suku bunga secara bertahap. Saat ini, dengan suku bunga pinjol yang mencapai 0,4 persen per hari dinilai masih terlalu tinggi. Karena bila setahun, maka suku bunga pinjol ini mencapai 146 persen.

"Untuk itu kita dorong bunga ke bawah. Yagg sekarang itu dihitung dulu. Itu kami beri masa transisi. Karena kalau tidak ada transisi, Industri bisa kolaps," tambah Agusman. 7

Komentar