nusabali

Legong Keraton Lasem Memukau Panggung Jaba Pura Agung Jagatnatha

  • www.nusabali.com-legong-keraton-lasem-memukau-panggung-jaba-pura-agung-jagatnatha
  • www.nusabali.com-legong-keraton-lasem-memukau-panggung-jaba-pura-agung-jagatnatha

DENPASAR, NusaBali.com - Festival Legong Keraton Lasem se-Bali yang digelar di Jaba Pura Agung Jagatnatha Denpasar pada Sabtu (4/11/2023) memukau penonton.

Sebanyak 28 kelompok dari tingkat sekolah dasar (SD) di Bali turut serta memeriahkan festival yang akan digelar selama dua hari, hingga Minggu (5/11/2023).

Festival ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Denpasar berkolaborasi dengan Puri Agung Denpasar sebagai salah upaya pelestarian kesenian klasik. Dengan tema ‘Lestarikan Kesenian Klasik, Wujudkan Budaya Bali yang Unggul’.

Festival ini diharapkan mampu memperkenalkan dan melestarikan seni Tari Legong Keraton Lasem di kalangan generasi muda.

Dalam festival ini, para peserta menampilkan Tari Legong Keraton Lasem dengan iringan musik dari rekaman kaset Aneka Record STSI Vol. 5. 

Festival Legong Keraton Lasem ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk dari Panglingsir Puri Agung Denpasar, AA Ngurah Wira Bima Wikrama. Ia mengatakan bahwa festival ini merupakan langkah nyata dalam mendukung dan menguatkan kesenian klasik, khususnya palegongan di Kota Denpasar.

"Pelaksanaan Festival Legong tersebut merupakan langkah nyata dalam mendukung dan menguatkan kesenian klasik, khususnya palegongan di Kota Denpasar," kata AA Ngurah Wira Bima Wikrama.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, juga mendukung penuh pelaksanaan festival ini. Ia berharap kegiatan ini mampu mendukung penguatan kesenian klasik tari legong.

"Kami berharap kegiatan ini mampu mendukung penguatan kesenian klasik tari legong. Terlebih kita ketahui bersama bahwa kesenian tari Legong telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO," kata Raka Purwantara. *yud

Komentar