nusabali

Soekarno Cup Liga Kampung Jaring Pesepakbola Muda

  • www.nusabali.com-soekarno-cup-liga-kampung-jaring-pesepakbola-muda

JAKARTA, NusaBali - Soekarno Cup Liga Kampung U-17 2023 siap digelar pada 1-3 November untuk menjaring bibit-bibit pesepak bola muda Indonesia.

"Jadi Soekarno Cup ini digelar untuk mengenang jasa Bung Karno dalam hal sepakbola karena Bung Karno ketika itu menyampaikan bahwa sepakbola menjadi alat diplomasi dan anti kolonialisme," ucap Ketua Pelaksana Turnamen Soekarno Cup Mochammad Nur Arifin pada jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/10).

Sebanyak delapan tim yang telah memasuki babak delapan besar akan memperebutkan gelar juara dan trofi ‘Sang Proklamator’.

Babak perempat final akan digelar di Bekasi International Soccer Field, Cut Mutia, Bekasi, pada 1 November. Selanjutnya, babak semifinal dan final di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, pada 2 dan 3 November.

"Ini sebenarnya, keinginan kita adalah bagaimana mimpi anak-anak muda Indonesia bisa bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno," kata Nur Arifin.

Pria 33 tahun itu lalu menjelaskan alasan memilih kelompok usia 17 tahun. Hal ini dikarenakan, pihaknya ingin mengisi slot pemain usia tersebut yang menurutnya masih minim jam terbang. "Usia 15 tahun, 16, 17, itu di bawah klub cukup minim stoknya, mungkin kalau kita lihat sekarang, peserta atau skuad yang menghuni Piala Dunia U-17 itu rata-rata mereka jebolan Liga Top Skor dan itu tentu sangat terbatas karena tidak dibina di semua kota," ucap Nur Arifin.

"Kalau kemudian yang U-20, kemudian U-23, itu rata-rata mereka sudah masuk ke Liga 3 dan Liga 2, kemudian di Liga 1, turunannya di EPA yang U-20, U-18 sehingga mereka sudah punya peluang. Jadi kita ingin melengkapi spot yang kosong," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nur Arifin juga mengatakan Soekarno Cup Liga Kampung U-17 akan dimeriahkan oleh para legenda sepak bola seperti Mursid Effendi, Anang Ma'ruf, dan Kurnia Meiga. 

"Semoga anak-anak didik kita ke depan ada yang mewakili di timnas, semoga saja apa yang diberikan teman-teman pelatih, bisa mencapai cita-citanya, dan ada tim pelatih dari timnas yang datang, agar ada satu-dua pemain bisa diambil, semoga tim pelatih dari timnas bisa melihat,” harap Mursyid Effendi.7ant

Komentar