nusabali

SMPN 2 Amlapura Borong Juara Lomba Mapel

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-borong-juara-lomba-mapel

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Amlapura memborong semua gelar juara lomba mata pelajaran (mapel) serangkaian HUT ke-20 SMAN Bebandem, di Banjar Yeh Bunga, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Senin (30/10). Panitia melombakan tiga mata pelajaran, semua pemenangnya dari SMPN 2 Amlapura.

Pemenang tersebut, yakni juara lomba mata pelajaran Matematika I Gede Abi Yuda Putra, juara mata pelajaran IPA Ni Wayan Aryantari, dan juara lomba IPS I Made Wira Yosanda Sudarta. Ketiga pemenang tersebut memang telah jadi langganan juara untuk lomba tingkat kabupaten, termasuk OSN (Olimpiade Sains Nasional).

Lomba melibatkan utusan siswa dari SMP Negeri se-Karangasem. Anak-anak dari sekolah-sekolah lain hanya menang dalam lomba non akademis. Juara lomba Baca Puisi Luh Rai Parwita Wikantari, dari SMPN 3 Selat, juara Story Telling I Dewa Ayu Bintang Pradnyani dari SMPN 1 Sidemen, juara lomba Poster Ni Kadek Dera Dwita Pradnyani dari SMPN 1 Amlapura, sedangkan juara lomba Dharma Wacana Putra I Gusti Lanang Agus Narendra dari SMPN 2 Bebandem dan lomba Dharma Wacana Putri Ni Putu Laksmi Febby Prasasti Dewi dari SMPN 2 Bebandem. Berarti SMPN 2 Bebandem memboyong dua gelar di nomor Dharma Wacana Putra dan Putri.

Kasek SMAN Bebandem I Nengah Miyasa mengakui, selama ini untuk pemenang lomba mata pelajaran atau lomba bidang akademik, siswa dari SMPN 2 Amlapura jadi langganan juara. Bahkan persaingannya antar rekan satu sekolah. “Memang banyak siswa SMPN 2 Amlapura berbakat bidang akademik,” jelas mantan Kasek SMAN 2 Amlapura tersebut.

Tujuan utama menggelar lomba mata pelajaran di HUT ke-20 SMAN Bebandem, katanya, untuk mengetahui pemetaan kualitas pendidikan di tingkat SMP di Karangasem. Ternyata, dari SMPN 2 Amlapura itu yang paling menonjol, sesekali sekolah dari pinggiran memenangkan lomba, tetapi tidak pernah mendominasi.

Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan mengapresiasi prestasi anak didiknya. “Kami kirim enam siswa untuk lomba akademik, dan tiga siswa non akademik. Bukan saja meraih juara I untuk akademik, ada juga sebagai juara III,” katanya.

Sebab, jelas Wirawan, pembinaan untuk siswa di tiap mata pelajaran berkelanjutan, sehingga tidak kesulitan mengirim siswa, jika ada lomba-lomba.

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana juga mengaku salut atas prestasi anak didiknya di bidang sastra, meraih juara lomba baca puisi. "Kami memiliki banyak siswa berbakat bidang sastra, khususnya baca puisi, karena pembinaannya kontinyu,” jelas kasek asal Banjar Kreteg, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.7k16

Komentar