nusabali

Kontroversi Wasit Warnai Persik Gulung Persebaya

Derbi Arema vs Madura United di Stadion Wayan Dipta

  • www.nusabali.com-kontroversi-wasit-warnai-persik-gulung-persebaya

KEDIRI, NusaBali - Persik Kediri sukses meraih kemenangan besar 4-0 saat menjamu Persebaya Surabaya, dalam lanjutan BRI Liga 1 2023/2024, di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Jumat (27/10) sore.

Kemenangan Persik diwarnai kontroversi wasit, Kemenangan itu membuat Persik naik ke posisi sembilan dengan 23 poin. Di sisi lain, kekalahan itu membuat Persebaya harus turun satu tingkat ke urutan sembilan, dengan  22 poin.

Dalam laga itu, Persebaya sempat tampil percaya diri. Melalui upaya Ze Valenta dan Bruno Moreira, Bajul Ijo beberapa kali mampu mendapat peluang bagus.

Memasuki menit ke-45, wasit menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti untuk Persik. Song Ui-yong didakwa membuat pelanggaran kepada gelandang Persik, Bayu Otto.

Para pemain Persebaya memberikan protes keras kepada wasit. Mereka menyebutkan Song menyentuh bola terlebih dulu sebelum Bayu Otto terjatuh.

Setelah berkonsultasi dengan asistennya, wasit justru berubah pikiran. Giliran para pemain dan ofisial Persik yang melakukan protes. Tak lama kemudian, wasit memutuskan tidak ada penalti dan wasit memutuskan babak pertama berakhir.

Persik memulai babak kedua dengan sangat baik. Adi Eko Jayanto membawa Macan Putih membuka keunggulan cepat pada menit ke-47.

Upaya Persebaya untuk menyamakan kedudukan semakin berat. Bek kiri andalannya, Reva Adi Utama mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-51.

Keluarnya Reva Adi membuat Persebaya kian kesulitan. Dalam waktu sembilan menit, Persik mampu mencetak tiga gol. Diantaranya Song Ui-yong mencetak gol bunuh diri pada menit ke-56. Lalu Flavio Silva mencetak dua gol pada menit ke-61 dan 65.

Persik menjalani sisa babak kedua dengan lebih santai. Sedangkan Persebaya kian kesulitan mengembangkan permainan. Laga pun dimenangkan Persik 4-0. 

Sementara itu, laga derbi Jatim juga akan terjadi antara Arema FC yang menjamu Madura United pada laga laga pekan ke-17 BRI Liga 1 2023/2024, di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Sabtu (28/09).

Kedua klub sama-sama bertekad menjadikan laga ini sebagai ajang penebusan. Pasalnya, pada laga pekan sebelumnya, kedua tim sama-sama menelan kekalahan. Arema FC kalah 0-3 dari Borneo FC. Madura United dipermalukan Dewa United 1-4.

Pada laga ini, kendati berstatus sebagai tuan rumah, Arema FC pun harus bermain jauh dari kandangnya. Belum bisa dipastikan pula apakah Dendi Santoso dkk akan mendapat sokongan langsung dari para supporter Aremania. *

Komentar