nusabali

Kapolres Ajak Wisatawan Lepas Tukik

  • www.nusabali.com-kapolres-ajak-wisatawan-lepas-tukik

Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana memimpin acara pelepasan 30 tukik (anak penyu) di Pantai Puri Bagus, Objek Wisata Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Selasa (11/7) sekitar pukul 08.30 Wita. 

AMLAPURA, NusaBali
Pelepasan itu didampingi Kasat Pol Air Polres AKP I Made Wartama, diikuti segenap pelaku pariwisata dan masyarakat.

Sebenarnya sebanyak 31 tukik yang berhasil diamankan, namun satu tukik mati. Upaya penyelamatan itu untuk melestarikan penyu yang dilindungi, terutama jenis penyu hijau (chelonia mydas).

Tukik itu ditemukan saat induk penyu ditemukan petugas pengaman hotel setempat bertelur pada Senin (10/5) sekitar pukul 23.00 Wita di Pantai Puri Bagus. Telur-telur penyu menetas pada Senin (10/7) malam, sebagian merayap berhasil masuk air laut dan sebagian merayap di pantai berpasir. Wisatawan asal Amerika awalnya menemukan tukik di depan Hotel Puri Bagus, kemudian menyampaikan temuannya itu ke pelaku pariwisata. Salah satu staf hotel I Nyoman Satra meneruskan informasi itu ke petugas keamanan hotel, dan dilanjutkan ke Kantor Sub Sektor Candidasa. 

Nyoman Satra mengatakan, baru pertama penyu hijau bertelur dan menetas di Pantai Puri Bagus. “Ini pertama kali sejak 27 tahun terakhir, penyu bertelur dan menetas di sini,” ujarnya.

AKP Wartama berharap kepada pelaku pariwisata dan masyarakat, jika menemukan penyu bertelur agar dibiarkan. “Jangan ganggu penyu sedang bertelur. Jika telah menetas jadi tukik, kita selamatkan dengan melepas kembali ke laut. Sebab, penyu tersebut dilindungi,” tuturnya. *k16 

Komentar