nusabali

Forkopimda Jembrana Siap Amankan Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-forkopimda-jembrana-siap-amankan-pemilu-2024
  • www.nusabali.com-forkopimda-jembrana-siap-amankan-pemilu-2024

Rapat eksternal lintas sektoral digelar untuk menyamakan persepsi, menyelaraskan rencana serta tindakan dalam rangka persiapan Pemilu 2024.

NEGARA, NusaBali
Dalam rangka persiapan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024, Polres Jembrana menggelar rapat koordinasi (Rakor) eksternal dengan sejumlah instansi terkait di Aula Polres Jembrana, Senin (16/10). 

Dalam rapat itu, para jajaran Forkopimda Jembrana kompak menyatakan kesiapan untuk pengamanan Pemilu nanti.

Selain jajaran Forkopimda, Rakor eksternal itu juga dihadiri jajaran KPU dan Bawaslu Jembrana. Hadir pula para ketua ataupun perwakilan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 di Jembrana yang juga selalu diharapkan bersama-sama mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, Polres Jembrana akan menggelar Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024. Operasi itu digelar dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang, pada saat dan pasca Pemilihan Umum 2024.

"Besok (hari ini, red) akan dilaksanakan gelar pasukan secara serentak di seluruh Indonesia, dan tahapannya sudah dimulai dari tanggal 19 Oktober 2023. Di mana tentu kami mempersiapkan pengamanan mulai dari pendaftaran calon, penetapan calon, kampanye, masa tenang, pemungutan suara, penghitungan suara dan penetapan hasil. Ini akan berlangsung sampai dengan akhir tahun 2024," ucap AKBP Dewa Juliana. 

AKBP Dewa Juliana menjelaskan, ada beberapa langkah-langkah yang akan dilaksanakan Polres Jembrana dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban Pemilu 2024. Diantaranya dengan deteksi dini, bimbingan dan penyuluhan, pengamanan setiap tahapan yang akan dilaksanakan, penindakan sesuai aturan, monitoring, pemetaan, serta sosialisasi edukasi kepada masyarakat.

"Personel yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini dari kami Polres adalah 463 personel. Kemudian dari Linmas 1.796 orang, dari TNI 51 anggota, dan juga kami meminta bantuan bawah kendali operasi dari Polda Bali, 35 personel Brimob dan juga dari Dalmas 35 personel," ungkap AKBP Dewa Juliana. 

Dengan diadakannya rapat eksternal lintas sektoral ini, AKBP Dewa Juliana berharap dapat menyamakan persepsi, menyelaraskan rencana serta tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024. "Kepada jajaran Forkopimda tentu untuk terus kita berkoordinasi bersama sama untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat sebelum Pemilu, saat Pemilu maupun setelah Pemilu. Khususnya untuk tetap menjaga kondusivitas dan tetap menyebarkan narasi-narasi Pemilu damai kepada masyarakat," ujar AKBP Dewa Juliana. 

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba usai menghadiri Rakor tersebut, mengatakan bahwa Rakor yang digelar Polres Jembrana itu bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, komunikasi dan koordinasi antar instansi dalam menghadapi Pemilu 2024. Dirinya pun berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai. 

"Saya sebagai bupati mengajak mari kita sambut Pilpres dan Pemilu Legislatif ini dengan rasa bahagia, menyame braye. Saya juga ingin para ketua parpol untuk mengajak jajaran partainya untuk menjaga situasi kondusif di Jembrana. Dan kepada peserta Pemilu kita harapkan bisa menerapkan semangat Pemilu damai, menghindari konflik saat pemilu dan menerima pemimpin yang terpilih secara damai," ujar Bupati Tamba. 7ode

Komentar