nusabali

Rebut Pole, Marini Ingin Tetap Terdepan

  • www.nusabali.com-rebut-pole-marini-ingin-tetap-terdepan

PRAYA, NusaBali - Rider Mooney VR46 Luca Marini sukses merebut pole position perdana dalam kariernya, menyusul kemenangannya dalam kualifikasi MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, di Praya, Lombok, NTB, Sabtu (14/10).

Marini mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,978 detik dan unggul tipis di depan duo pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, yang masing-masing terpaut 0,031 detik dan 0,154 detik dari sang pemimpin balapan.

Usai kemenangan itu, Marini mengatakan ingin terus mempertahankan posisi terdepan yang diraih di sesi kualifikasi MotoGP Indonesia). Meski merebut pole, Marini mengaku tidak dalam kondisi fisik bugar menyusul cedera bahu yang dialami di MotoGP India pada September.

Dia lalu sukses menjalani operasi dan akhirnya kembali ke trek dengan cukup sehat sampai meraih pole perdana sekaligus mencatatkan rekor lap tercepat di Sirkuit Internasional Mandalika.

"Saya tahu saya cepat, di India kami telah mengambil langkah maju dengan motor dan saya merasa baik. Kemarin ada yang tidak beres, tapi pagi ini kami berhasil menyelesaikan beberapa masalah dan saya berkendara dengan baik di semua sesi," kata Marini.

Hasil itu menandai tren positif Marini yang memulai sesi kualifikasi di Q1 bersama beberapa pembalap lainnya seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Johann Zarco (Prima Pramac).

Marini tampil percaya diri dan dengan pasti tak tenggelam dalam tekanan, mengingat para pembalap yang lolos di Q2 adalah mereka yang merupakan 10 besar tercepat di sesi latihan pada Jumat (13/10). Dua pembalap Aprilia juga tak gentar untuk mengamankan dua posisi terdepan pada sesi kualifikasi dan terus mendominasi.

Posisi 1-2 dari Aleix dan Vinales pun di beberapa lap terakhir langsung dipatahkan oleh Marini yang meluncur ke posisi kedua, tepat berada di belakang Aleix Espargaro. Ia mampu memanfaatkan sejumlah kesempatan di mana beberapa unggulan musim ini mengalami nasib yang tidak beruntung di aspal Sirkuit Mandalika. ant

Hasil Kualifikasi MotoGP Indonesia 
1 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
3 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
4 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
5 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
6 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
7 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
8 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
9 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
10 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
11 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
12 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
13 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
14 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
15 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
16 Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
17 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
18 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)
19 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
20 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

Komentar