nusabali

Pembalap Didikan Valentino Rossi Rebut Pole Position MotoGP Mandalika

  • www.nusabali.com-pembalap-didikan-valentino-rossi-rebut-pole-position-motogp-mandalika

PRAYA, NusaBali.com - Pembalap Mooney VR46 Luca Marini sukses merebut pole position perdana dalam kariernya di MotoGP Mandalika, Sabtu (14/10/2023).

Pembalap 26 tahun ini mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,978 detik dan unggul tipis di depan duo pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Raihan ini menjadi pencapaian luar biasa bagi Marini, yang merupakan pembalap didikan legenda MotoGP Valentino Rossi. Marini berhasil membuktikan diri sebagai salah satu pembalap muda berbakat di MotoGP.

Adik tiri Valentino Rossi ini memulai sesi kualifikasi di Q1 bersama beberapa pembalap lainnya seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Johann Zarco (Prima Pramac). Ia tampil percaya diri dan dengan pasti tak tenggelam dalam tekanan.

Posisi 1-2 dari Aleix dan Vinales pun di beberapa lap terakhir langsung dipatahkan oleh Marini yang meluncur ke posisi kedua, tepat berada di belakang Aleix Espargaro. Ia mampu memanfaatkan sejumlah kesempatan di mana beberapa unggulan musim ini mengalami nasib yang tidak beruntung di aspal Sirkuit Mandalika.

Juara edisi tahun lalu, Miguel Oliveira (RNF Racing), hanya berhasil finis di posisi ke-12. Sementara nama yang digadang-gadang untuk menjadi calon juara dunia musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac) dan Bagnaia yang sempat terjatuh saat melakukan sesi kualifikasi. Martin finis di P6 dan Bagnaia di P13.

Selain Marini, ada beberapa pembalap lain yang juga berpeluang untuk meraih kemenangan di balapan utama. Salah satunya adalah Aleix Espargaro, yang menempati posisi kedua di grid start.

Espargaro sendiri merupakan pembalap yang cukup konsisten di Sirkuit Mandalika. Ia berhasil meraih podium di balapan tahun lalu dan juga menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pada Jumat (13/10/2023).

Selain Espargaro, ada juga Fabio Quartararo dan Brad Binder yang juga berpeluang untuk meraih kemenangan. Quartararo merupakan juara bertahan MotoGP dan Binder merupakan pembalap yang cukup cepat di sirkuit baru.

Balapan utama MotoGP Indonesia akan digelar pada Minggu (15/10/2023) siang.

Komentar