nusabali

Keyakinan Konsumen Bali Meningkat

Sinergi Semua Pihak

  • www.nusabali.com-keyakinan-konsumen-bali-meningkat

DENPASAR, NusaBali - Survei  Bank Indonesia mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi di Provinsi Bali pada September lalu meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di bulan September 2023 tercatat sebesar 138,3 yang tetap terjaga pada area optimis (indeks > 100) atau lebih tinggi dibandingkan dengan IKK bulan sebelumnya yang mencapai 137,3.

Optimisme konsumen di Bali tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan Nasional yang juga mencatatkan IKK Nasional pada area optimis (indeks > 100) sebesar 121,7.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan  Kamis(12/10).

“Meningkatnya keyakinan konsumen di Bali pada September 2023 merupakan hasil upaya dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan dalam menjaga kestabilan harga barang dan/atau jasa selama periode laporan,”ujarnya.

Berdasarkan rilis data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, inflasi gabungan dua kota di Provinsi Bali (Denpasar dan Singaraja) pada September 2023 tercatat cenderung stabil yakni mengalami deflasi sebesar –0,03% (mtm) atau lebih rendah dibandingkan nasional yang mengalami inflasi sebesar 0,19% (mtm).

Lebih lanjut, tetap terjaganya optimisme konsumen di Bali ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yakni masing-masing sebesar 130,2 dan 146,3.

“Indeks tersebut masih tercatat pada area optimis yang menunjukkan keyakinan konsumen masih terjaga,” jelas Erwin Soeriadimadja.

IKE Provinsi Bali pada September 2023 tetap berada pada kondisi optimis yang dipengaruhi oleh seluruh komponen pembentuk IKE, yaitu penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan lalu yang tercatat sebesar 135,5; konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama saat ini dibandingkan 6 bulan lalu yang tercatat sebesar 113,5; dan ketersediaan lapangan kerja saat ini dibandingkan 6 bulan lalu yang tercatat sebesar 141,5.

Optimisme kondisi ekonomi saat ini yang tercermin dari IKE di Bali tersebut sejalan dengan kondisi IKE Nasional yang juga dalam area optimis yaitu sebesar 112,2.

Ekspektasi konsumen Bali terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tercermin dari IEK juga mengalami peningkatan. IEK Bali pada bulan September sebesar 146,3 atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 144,0.

Kondisi IEK Provinsi Bali sejalan dengan kondisi IEK Nasional yang tetap berada pada area optimis sebesar 131,3 pada September 2023. K17.

Komentar