nusabali

Jadi Kanal Pengaduan Masyarakat, SP4N-LAPOR Terus Berlanjut di Bali

  • www.nusabali.com-jadi-kanal-pengaduan-masyarakat-sp4n-lapor-terus-berlanjut-di-bali

DENPASAR, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan kanal pengaduan masyarakat SP4N-LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) akan terus berlanjut di Provinsi Bali.

Hal itu disampaikannya saat membuka sosialisasi SP4N-LAPOR dan Focus Group Discussion (FGD) Strategi Keberlanjutan Implementasi Rencana Aksi SP4N-LAPOR bertempat di The Trans Resort Bali, Kuta Utara, Badung, Rabu (11/10).

Dalam sambutannya membuka acara, Sekda Dewa Indra mengapresiasi pemanfaatan SP4N-LAPOR di Provinsi Bali. Menurutnya layanan aspirasi dan pengaduan online tersebut sangat membantu pemerintah sebagai penghubung dengan masyarakat.

SP4N-LAPOR merupakan layanan satu pintu nasional dalam penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik dan tata kelola pemerintah. Melalui kanal SP4N-LAPOR masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya terkait pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali.

Dewa Made Indra menyampaikan bahwa SP4N-LAPOR dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait kinerja pemerintah. "Rakyat mendapatkan keyakinan bahwa apa yang dikerjakan pemerintah sesuai dengan apa yang dikehendaki rakyat,” ujar Dewa Made Indra.

Ia menyampaikan bahwa seluruh aspirasi dan pengaduan wajib ditindaklanjuti untuk meningkatkan pelayanan pemerintah. Menurutnya SP4N-LAPOR dapat menjadi media untuk me-review kebijakan pemerintah. Ia pun memastikan bahwa pemanfaatan kanal pengaduan SP4N-LAPOR akan terus berlanjut di Provinsi Bali sebagai media pengaduan dan aspirasi masyarakat guna peningkatan layanan pemerintahan di Provinsi Bali.

Di sisi lain Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik KemenPAN RB, Yanuar Ahmad menyampaikan bahwa ‘A Complaint is a Gift’ (keluhan adalah hadiah). Menurutnya, penyelenggara pelayanan tidak akan tahu bagaimana meningkatkan pelayanan jika tidak mengetahui apa yang perlu diperbaiki. Di samping itu keluhan juga dapat memberikan ide dalam melakukan inovasi dan perbaikan layanan.

Ia menyampaikan bahwa pengaduan dapat memberikan informasi mengenai apa yang dianggap penting oleh masyarakat. “Pengaduan yang ditindaklanjuti dapat memperbaiki citra dari instansi,” ujarnya. cr78

Komentar