nusabali

Walikota Beri Nelayan Jaminan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

  • www.nusabali.com-walikota-beri-nelayan-jaminan-bpjs-kesehatan-dan-ketenagakerjaan

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan nelayan, melalui berbagai program dan inovasi, mulai dari pembentukan Perda Bendega hingga memberikan jaminan asuransi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu diungkapkan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri Temu Wirasa Krama Bendega atau nelayan se-Kota Denpasar, di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur, Denpasar Selatan, Jumat (6/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala KSOP Kelas II Benoa R Sadeli, Sub Regional Head PT Pelindo Persero Regional Bali Nusra Ali Sudikin, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Kadis Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, Kadis Pertanian Kota Denpasar AA Ngurah Bayu Brahmasta, Ketua Forum Nelayan Nyoman Dana Atmaja.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sembako yang merupakan TJSL kepada seluruh nelayan Denpasar.

Walikota Jaya Negara menjelaskan, temu wirasa krama bendega dilaksanakan sebagai upaya mempererat silaturahmi, menyerap aspirasi dan  permasalahan nelayan, dengan tujuan menuju Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

Dikatakannya, pemberian bantuan bahan pangan sembako merupakan bentuk tanggungjawab sosial Indonesia (Persero) PT Pelabuhan Bali Nusa Tenggara kepada masyarakat wilayah pesisir, khususnya nelayan. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan hidup nelayan serta kondisi inflasi maupun cuaca yang kurang menguntungkan.

“Selain bantuan sembako, kami di Kota Denpasar telah memiliki Peraturan Daerah Bendega yang akan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan, termasuk juga dalam rangka memberikan jaminan sosial dengan mengikutsertakan nelayan sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta pembangunan infrastruktur penunjang. Semoga ke depan nelayan di Kota Denpasar terus semangat dan tetap produktif dan sejahtera,” ujarnya

Ali Sudikin mengatakan, kegiatan kali ini merupakan momentum kolaborasi antara PT Pelinfo dengan Pemkot Denpasar. “Kami berharap kegiatan ini dapat menberikan dukungan terhadap kemajuan nelayan di Kota Denpasar,” ujarnya.

Ida Bagus Mayun Suryawangsa menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menginventarisasi kebutuhan nelayan di Denpasar. Adapun jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak 942 paket kepada 25 kelompok nelayan. @ mis

Komentar