nusabali

Polres Jembrana Gelar Simulisasi Penanganan Huru-hara

  • www.nusabali.com-polres-jembrana-gelar-simulisasi-penanganan-huru-hara
  • www.nusabali.com-polres-jembrana-gelar-simulisasi-penanganan-huru-hara

NEGARA, NusaBali - Polres Jembrana menggelar simulasi penanganan huru-hara di halaman belakang GOR Kresna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Jumat (6/10). Simulasi yang menjadi bagian pelatihan sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) ini, digelar bertalian kesiapan pengamanan tahapan Pemilu 2023-2024.

Ada ratusan Polisi yang terlibat dalam simulasi ini. Sejumlah Polisi juga mendapat peran sebagai perusuh dan diminta bertindak selayaknya terjadi kerusuhan nyata, guna memastikan kemampuan ataupun ketangkasan para Polisi yang disiapkan untuk penanganan huru-hara. Hadir menyaksikan simulasi itu Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan para jajaran Forkopimda Jembrana.


Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan simulasi Sispamkota ini merupakan kesiapsiagaan menghadapi situasi kontinjensi konflik sosial dalam rangka Pemilu 2024. Simulasi ini bertujuan mengecek persiapan personel dan berbagai sarana-prasarananya. "Intinya kami dari Polres Jembrana TNI dan seluruh stakeholder siap untuk menyambut tahapan Pemilu," ujarnya.

Menjelang tahapan utama Pemilu 2024, AKBP Dewa Juliana berharap, masyarakat betul-betul teredukasi untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Namun jika sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pihaknya sudah ada persiapan. "Harapan kita tidak sampai ada situasi seperti tadi. Namun kita juga tetap persiapkan segala sesuatunya," ujarnya.


AKBP Dewa Juliana menyatakan, dirinya yakin masyarakat Jembrana paham bagaimana menjaga situasi Kamtibmas. Dirinya pun berharap simulasi ini hanya menjadi pertanggungjawaban untuk menyiapkan pengamanan Pemilu. "Kita edukasi, perbedaan pilihan dan perbedaan pendapat tentunya adalah hal yang wajar. Tetapi mari kita jaga Kabupaten Jembrana tetap kondusif," ucapnya.

Menurut AKBP Dewa Juliana, nantinya ada sebanyak 536 personel dari Polsek maupun Polres Jembrana yang telah disiapkan untuk menghadapi tahapan utama Pemilu. Khusunya saat menghadapi tahapan penetapan calon dan masa kampanye. "Menjelang pemungutan suara, juga kita siapkan pola pengamanan bergabung dengan Linmas dan TNI," ujar Kapolres Jembrana asal Gianyar ini.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, tentunya mengapresiasi Polres Jembrana dalam pelatihan Sispamkota untuk pengamanan Pemilu 2024 ini. Dengan berbagai langkah antisipasi yang telah disiapkan Polres Jembrana, dirinya berharap seluruh tahapan Pemilu dapat berjalan dengan lancar hingg pasca Pemilu nanti.

"Semoga nanti dalam tahapan awal sampai nanti pada massa kampanye, pencoblosan 14 Februari 2024, serta pasca Pemilu tetap kondusif. Kita juga harapkan bersama, semua tahapan Pemilu berjalan aman, tentram serta juga memberikan rasa nyaman," ujar Bupati Tamba. 7 ode

Komentar