nusabali

Marc Marquez Resmi Tinggalkan Honda

  • www.nusabali.com-marc-marquez-resmi-tinggalkan-honda

JAKARTA, NusaBali - Marc Marquez mengumumkan akan berpisah dengan Honda Racing Corporation (HRC) pada akhir musim MotoGP ini. Dia memutuskan mengakhiri kontrak satu tahun yang tersisa dengan HRC. Selanjutnya, Marquez dispekulasikan akan bergabung tim Gresini Racing pada musim depan.

"Terima kasih atas perjalanan yang hebat selama 11 tahun bersama. Pebalap asal Spanyol tersebut memutuskan mengakhiri kontrak berdurasi satu tahun yang tersisa dengan HRC.

"Dengan satu tahun yang masih tersisa di kontrak empat tahun yang ditandatangani antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak sepakat mengakhiri kolaborasi setelah menyelesaikan musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023," tulis HRC.

Pebalap yang dijuluki Baby Alien tersebut dirumorkan kurang terkesan dengan prototipe RC213 yang digunakan HRC pada ajang MotoGP 2024.

Namun HRC menyebutkan, kedua belah pihak tetap akan terus memberikan dukungan penuh atas sisa putaran Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2023.

Marquez memulai debutnya bersama HRC dengan mengendarai Honda RC213V pada 2013. Di tahun itu Marquez menjadi pemenang MotoGP kelas utama termuda dan jadi juara dunia kelas utama MotoGP. Bersama HRC, Marquez jadi juara dunia pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. 

Saat ini baik Marquez dan motor RC213V kurang memberikan performa yang baik dalam beberapa tahun terakhir ajang MotoGP. Usai cedera lengan di sirkuit Jerez, Spanyol, pada 2020, performa Marquez tetap belum stabil karena harus berkutat menghadapi cedera. 

Sejak Oktober tahun lalu, Marquez belum pernah mencicipi podium. Sedangkan pabrikan HRC dengan motor RC213V gagal mengembalikan performa Marquez untuk kembali kompetitif di atas lintasan.  ant

Komentar