nusabali

BBMKG Minta Waspadai Gelombang Tinggi Pantai Wisata di Bali

  • www.nusabali.com-bbmkg-minta-waspadai-gelombang-tinggi-pantai-wisata-di-bali

DENPASAR, NusaBali - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang laut hingga tiga meter di sejumlah pantai wisata Bali. Imbauan ini berlaku hingga Jumat (6/10) besok.

“Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku wisata bahari waspadai potensi gelombang tinggi,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Rabu (4/10) seperti dilansir Antara.

BBMKG Wilayah III Denpasar memperkirakan gelombang laut di Nusa Dua, Kabupaten Badung mencapai hingga tiga meter. Sedangkan di Pantai Kuta, Kabupaten Badung diperkirakan mencapai hingga 2,5 meter.

Dikatakan, Nusa Dua dan Kuta merupakan destinasi wisata pantai favorit wisatawan dengan aktivitas wisata bahari serta merupakan kawasan nelayan melaut dan pertanian rumput laut.

Sementara itu, di Tahan Lot, Kabupaten Tabanan, lanjut Cahyo Nugroho diperkirakan memiliki ketinggian gelombang laut mencapai 2,5 meter dan di Pantai Sanur diperkirakan dua meter. Sedangkan di jalur penyeberangan di Bali, BBMKG Denpasar memperkirakan ketinggian gelombang laut di Selat Badung mencapai hingga empat meter.

Untuk di Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan juga diperkirakan memiliki ketinggian gelombang hingga empat meter. Sedangkan di perairan selatan Bali diperkirakan ketinggian gelombang lautnya mencapai hingga enam meter dengan kategori ‘sangat tinggi’.

Adapun kecepatan angin secara umum di Bali hingga 32 kilometer per jam atau 17 knot. BBMKG Wilayah III Denpasar menyampaikan bahwa kondisi angin dan gelombang laut berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, pengguna perahu nelayan diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kemudian, operator kapal tongkang dianjurkan waspada saat angin berkecepatan lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, serta operator kapal feri diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. 7 ant

Komentar