nusabali

Peringatan World Rabies Day, Distan Pangan Bali Sapa 1.200 Anak SD

  • www.nusabali.com-peringatan-world-rabies-day-distan-pangan-bali-sapa-1200-anak-sd

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan Pangan) Provinsi Bali menyapa ratusan murid Sekolah Dasar (SD) serangkaian peringatan World Rabies Day (WRD) 2023 di Bali. Edukasi bahaya penyakit rabies dilakukan guna mencegah sejak dini kasus gigitan anjing dan kematian karena penyakit rabies di Bali.

Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, pelaksanaan kegiatan kolaborasi lintas sektor Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) rabies ini menyapa 1.200 anak dari 12 SD di Bali.

"Semoga kegiatan ini berdampak positif terhadap pengetahuan tentang rabies ke anak-anak SD di Provinsi Bali," jelas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Pangan Bali, Nurul Hadi Ristiyantri, Rabu (27/9).

Untuk diketahui WRD diperingati setiap tanggal 28 September. WRD 2023 mengambil tema 'All for One, One Health for All'. Peringatan tahun 2023 di Indonesia dilakukan dengan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan hingga acara puncak.

Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, bekerjasama dengan Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) menyelenggarakan edukasi terkait rabies kepada sekitar 5.000 murid SD di 5 provinsi (Bali, Sulawesi Selatan, NTT, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta).

Untuk Provinsi Bali, kegiatan ini melibatkan pula Dinkes Provinsi dan Kota Denpasar, Disdikpora Kota Denpasar serta lintas sektoral lainnya, antara lain Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Bali, IAKMI, OHCC, BBVET, Balai Karantina Kelas I Denpasar, PKK dan Pramuka.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Sekolah Dasar di Provinsi Bali yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Serta seluruh pihak yang telah mensukseskan acara ini,” ucap Nurul sembari mengungkapkan fasilitator di tiap sekolah adalah guru dan co-fasilitator dari berbagai lembaga lintas sektor yang dilatih  bekerjasama dengan Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP). 7 cr78

Komentar