nusabali

PDIP Kumpulkan Tiga Pilar Partai di Rakernas

Akan Dihadiri Presiden Jokowi hingga Menteri Kabinet

  • www.nusabali.com-pdip-kumpulkan-tiga-pilar-partai-di-rakernas

Hasto menyampaikan, bakal calon presiden Ganjar Pranowo juga akan memberikan pidato pada Rakernas PDIP.

JAKARTA, NusaBali
PDI Perjuangan memanaskan mesin politik dengan mengumpulkan tiga pilar partai (struktur, pejabat eksekutif dan legislatif,red) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV, di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9) hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir dalam konsolidasi akbar tersebut. 

Persiapan Rakernas PDIP pun sudah matang. Konsolidasi akbar bertema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia bagi Dunia'.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat meninjau persiapan venue Rakernas IV, Kamis (28/9) mengatakan, Presiden Jokowi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung sudah konfirmasi akan hadir. "Yang diundang tentu saja dari Bapak Presiden Jokowi, Mas Pramono Anung (Sekretaris Kabinet,red) telah melakukan konfirmasi bahwa beliau berkenan hadir," ujar Hasto didampingi Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP RI, Sudin.

"Kader partai di seluruh Indonesia, mulai ketua, wakil, sekretaris, bendahara DPD, dan DPC serta anggota DPRD tingkat provinsi/kabupaten serta anggota DPR RI sudah pasti hadir. Artinya unsur tiga pilar partai yaitu struktur, eksekutif, dan legislatif hadir langsung di lokasi acara,” imbuh Hasto.

Menurut Hasto, Rakernas IV digelar selama tiga hari mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023 mendatang. Kata dia, Wakil Presiden KH Maruf Amin serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan hadir. Namun, pihaknya menyadari bahwa pembukaan Rakernas IV PDIP ini bertepatan pada hari kerja. Sehingga, tidak semua menteri Kabinet akan hadir langsung dalam acara tersebut. "Juga Bapak Wapres KH Maruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju, karena hari kerja sehingga tidak semuanya kami undang, yang menjadi sahabat-sahabat PDIP dan juga tentu saja aspek emotional bonding dengan PDIP akan hadir," terang Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini.

Politisi asal Jogjakarta ini juga menambahkan, bahwa para ketua umum parpol, sekjen dan badan pemenangan Pemilu partai pendukung Ganjar Pranowo juga akan hadir dalam Rakernas ini. "Para ketua umum dan sekjen serta badan pemenangan pemilu dari PPP, Hanura dan Perindo itu akan diundang," imbuh Hasto.

Selain itu, Hasto mengatakan bahwa antusiasme tinggi datang dari pengurus serta kader dari seluruh daerah dengan mengirim para petani, nelayan, dan juga pengembang dari produk-produk laut. "Sehingga hampir diperkirakan 4.000 perwakilan petani dan nelayan datang di Rakernas ini bertemu dengan pemimpin nasional kita dan juga seluruh kader PDIP yang membangun komitmen bahwa Indonesia seharusnya bisa berdiri di atas kaki sendiri di bidang pangan," jelas Hasto.

Dalam Pembukaan Rakernas nanti, lanjut Hasto, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri, Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo, dan Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan. "Sebagai tradisi Rapat Kerja Nasional, Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik dan kemudian beliau juga akan menyampaikan pidato secara tertutup di dalam menggembleng seluruh Partai," kata Hasto.

Hasto menyatakan, hanya pidato pembukaan Megawati yang bisa diakses secara umum. Di samping itu, Hasto menyampaikan, Bacapres Ganjar Pranowo juga akan memberikan pidato pada Rakernas PDIP. "Pak Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dari PDI Perjuangan yang juga sangat memahami dan beliau ini kan menjadi pengurus diklat. Itu ikut di dalam sosialisasi dan perumusan konsepsi tentang pentingnya membangun pangan dengan cara-cara berdikari," kata Hasto. k22

Komentar