nusabali

PHRI Dorong Ada Direct Flight Denpasar-India

Genjot Wisman India

  • www.nusabali.com-phri-dorong-ada-direct-flight-denpasar-india

DENPASAR, NusaBali - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali berharap dan mendukung pemerintah membuka penerbangan langsung (direct flight) dari Denpasar (Bali) ke India. Tujuannya menggenjot kedatangan wisman India ke Bali.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Suryaloka Bank Indonesia Provinsi Bali yang dirangkai dengan Tourism Talk dengan Thema Fostering Sustainable Economic Growth through Quality Tourism Unlocking Indian Market Potential. Kegiatan Surya Loka dilaksanakan di Ruang Tirta Empul Kantor BI Bali di Jalan Letda Tantular, Denpasar, Senin (11/9).

“Kita mau ada pesawat dari New Dehli atau Mumbai, langsung ke Bali,” ujar Sekretaris PHRI Bali, Perry Markus di saat jeda kegiatan Surya Loka.

Sebelumnya, lanjut Perry Markus sudah ada pembicaraan dengan airline untuk penerbangan langsung  Bali-India. Hanya saja, kemungkinan perusahaan  airlines, sedang melakukan kalkulasi. “Ya, dengan penerbangan langsung, angkanya pasti naik,”  ungkap Perry Markus.

Dikatakan sudah pernah ada pertemuan dengan Kemenlu, dengan Dubes di New Dehli dan Konjen di Mumbai.

“Saran kita dan saran mereka juga sama (penerbangan langsung). Tinggal sekarang bagaimana pemerintah bisa untuk airlines bisa terbang (Bali-India PP),” lanjut Perry Markus.

Untuk diketahui data dari Dinas Pariwisata Bali, sampai dengan Juli 2023  jumlah wisman India berwisata ke Bali, 255.397. Jumlah wisman India berada pada peringkat kedua setelah Wisman Australia dengan jumlah 727.423. Sedang total jumlah wisman ke Bali Januari-Juli  2.909.192. 

Kegiatan Surya Loka Bank Indonesia Provinsi Bali, dihadiri Sekda Bali, I Dewa Made Indra, Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti, Kepala BI Provinsi Bali R Erwin Soeriadimadja, Konsul General India di Bali Mrs Neeharika  Singh, Rully Artha, Co GM Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, GM ITDC Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita dan Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi Bali) I Made Mendra Astawa, serta yang lainnya.

Sekda Bali, Dewa Made Indra, mengapresiasi kegiatan yang digelar BI Bali yakni Surya Loka dan Tourism Talk  terkait peningkatan wisman India ke Bali.

“BI  terus hadir memberikan kontribusi yang signifikan, untuk pertumbuhan ekonomi Bali,” ujar Dewa Indra dalam sambutannya. Kontribusi tersebut pada saat pandemi Covid-19 maupun sebelum dan sesudahnya.

Kata dia, walau berdasarkan angka-angka(statistik) pertumbuhan ekonomi Bali mengembirakan. Namun dia mengajak untuk bekerja lebih keras untuk pertumbuhan yang lebih signifikan. Lebih-lebih sektor pariwisata, yang merupakan sektor paling penting menggerakan perekonomian Bali. k17.

Komentar