nusabali

Prancis Kian Kokoh, Belanda Gilas Yunani

  • www.nusabali.com-prancis-kian-kokoh-belanda-gilas-yunani

PARIS, NusaBali - Timnas Prancis kian kokoh di puncak klasemen Grup B kualifikasi Euro 2024, seusai menghajar Timnas Irlandia 2-0 di Stadion Parc des Princes, Paris, Jumat (8/9) dinihari WITA. Laga lainnya di Grup B, Belanda juga meraih kemenangan atas Yunani 3-0.

Ya, kemenangan Prancis berkat gol yang dicetak Aurelien Tchouameni serta Marcus Thuram. Kini Prancis di puncak klasemen sementara dengan 15 poin dari lima laga. Sedangkan Irlandia di posisi keempat dengan tiga poin dari empat laga.

Secara statistik Prancis mendominasi jalannya laga dengan mencatatkan 63 persen penguasaan bola serta melepaskan 20 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran. Prancis juga mengambil inisiatif menyerang terlebih dulu dan tercatat mendominasi penguasaan bola hingga 15 menit pertama, namun tidak ada peluang berbahaya yang tercipta.

Sukses mempertahankan rekor 100% dengan melibas Republik Irlandia, pelatih Prancis Didier Deschamps mengaku senang atas hasil tersebut.

Les Bleus kini tinggal memburu satu kemenangan lagi untuk lolos dan mengunci satu tempat ke babak utama Euro 2024 di Jerman.

Seusai laga, Deschamps pun mengaku angkat topi dengan penampilan anak asuhnya. Namun, dia juga sedikit mengomentari banyaknya peluang yang gagal dikonversi para penggawa timnas Prancis.

"Kami menghadapi sebuah tim yang agresif. Kami seharusnya dapat memberikan lebih banyak kecepatan dalam melakukan serangan di babak pertama," kata Deschamp.

Namun, kemenangan Prancis atas Republik Irlandia meninggalkan kabar kurang bagus. Penyerang andalan, Olivier Giroud, cedera dan terpaksa hanya bermain selama 26 menit sebelum digantikan Thuram.

Sementara itu, timnas Belanda meraih kemenangan 3-0 atas Yunani dalam laga Grup B kualifikasi Euro 2024 di Stadion Philips, Eindhoven, Jumat dinihari WITA. Tiga gol Belanda dicetak Marten De Roon, Cody Gakpo dan Wout Weghorst.

Tambahan tiga poin itu membuat Belanda naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan enam poin dari tiga laga , memiliki poin sama dengan Yunani di posisi ketiga yang sudah main empat laga.

Secara statistik dalam laga itu Belanda sedikit lebih unggul penguasaan bola dengan 53 persen dan melepaskan total 11 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Selanjutnya Belanda akan menghadapi Irlandia dalam laga lanjutan Grup B kualifikasi Euro 2024, Minggu (10/9), sedangkan Yunani menjamu Gibraltar di hari yang sama. ant

Komentar