nusabali

Eko Yuli Irawan Semakin Dekat dengan Medali Olimpiade Kelima

  • www.nusabali.com-eko-yuli-irawan-semakin-dekat-dengan-medali-olimpiade-kelima

RIYADH, NusaBali.com - Eko Yuli Irawan kembali membuktikan dirinya sebagai salah satu atlet angkat besi terbaik dunia. Pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023 di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (7/9/2023) malam, lifter berusia 34 tahun itu meraih dua medali perak di kelas 67 kg putra.

Eko meraih medali perak setelah mengangkat total angkatan 321 kg. Ia juga mencatatkan snatch terbaik kedua seberat 146 kg di turnamen tersebut. Untuk clean and jerk, Eko berada di posisi keempat dengan 175 kg, tepat di bawah lifter Korea Selatan Lee Sang-yeon yang hanya terpaut 1 kg lebih berat dari angkatan Eko.

Medali emas diraih oleh lifter China Chen Lijun dengan total angkatan sebesar 333 kg. Chen juga menyapu bersih medali emas setelah memiliki catatan terbaik untuk snatch dan clean and jerk masing-masing 153 kg dan 180 kg.

Dengan hasil ini, maka langkah Eko menuju Olimpiade 2024 Paris semakin mulus. Kejuaraan Dunia Angkat Besi merupakan ajang kualifikasi wajib Olimpiade 2024 Paris, artinya para lifter harus berpartisipasi untuk mendapatkan kuota tempat di Olimpiade tahun depan.

Eko yang kini berusia 34 tahun itu sudah empat kali tampil di Olimpiade. Di empat edisi Olimpiade sebelumnya, ia berhasil mengoleksi empat medali bagi Indonesia. Dua medali perunggu diraih Eko di Olimpiade 2008 Beijing (kelas 56 kg) dan Olimpiade 2012 London (kelas 62 kg). Sementara medali perak ia raih di Olimpiade 2016 Rio (kelas 62 kg) dan Olimpiade 2020 Tokyo (61 kg).

Jika lolos ke Olimpiade 2024, Eko akan menjadi lifter Indonesia pertama yang tampil di lima Olimpiade. Ia juga akan menjadi salah satu atlet senior di tim angkat besi Indonesia.

Atas pencapaian yang diraihnya  di Kejuaraan Dunia Angkat Besi, Eko mengaku sangat senang. Ia mengatakan bahwa hasil ini merupakan buah dari kerja keras dan perjuangannya selama ini.

"Saya sangat senang dengan hasil ini. Ini merupakan kerja keras dan perjuangan saya selama ini," kata Eko.

"Saya akan terus berlatih keras untuk meraih medali emas di Olimpiade 2024," lanjutnya.

Sementara itu Ketua Umum PB PABBSI, Irwan Sutjipto, juga turut bangga dengan hasil yang diraih Eko. Ia mengatakan bahwa Eko merupakan salah satu kebanggaan bangsa Indonesia.

"Kami sangat bangga dengan hasil yang diraih Eko. Ia merupakan salah satu kebanggaan bangsa Indonesia," kata Irwan.

"Kami akan terus mendukung Eko untuk meraih medali emas di Olimpiade 2024," lanjutnya.*ant

Komentar