nusabali

Dua Camat Berebut Kursi Kadis Damkar

10 Pejabat Lamar Posisi Kadis Damkar dan Dispar Denpasar

  • www.nusabali.com-dua-camat-berebut-kursi-kadis-damkar

Camat Denpasar Timur I Made Tirana dan Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara melamar untuk posisi Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali
Dua camat yakni Camat Denpasar Utara dan Camat Denpasar Timur ikut berebut kursi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Denpasar. Keduanya tercatat sudah mendaftar ke Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar sejak pendaftaran ditutup pada Senin (4/9) pukul 23.59 Wita.

Setelah pendaftaran resmi ditutup, BKPSDM menerima 10 pendaftar untuk dua jabatan eselon IIB yang lowong yakni Kadis Damkar dan Kadis Pariwisata (Dispar) Kota Denpasar. Pelamar untuk posisi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar terdata sebanyak 6 orang pelamar.

Keenamnya adalah Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar Tresna Yasa, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara. Camat Denpasar Timur I Made Tirana, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar Anak Agung Gde Bagus Mahayana, dan Kepala Bidang Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar I Putu Sandika.

Sedangkan untuk Jabatan Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar terdapat empat orang pelamar, yakni, Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar I Komang Adi Wirawan, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Denpasar Gde Wirakusuma Wahyudi, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara.

Kepala BKPSDM Kota Denpasar Wayan Sudiana, Selasa (5/9), mengatakan pendaftaran sudah berakhir per Senin malam. Ada 10 pelamar dari kedua posisi jabatan yang kosong dan akan dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi.

Seleksi ini, menurut Sudiana, dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.  

Seleksi terbuka ini dilaksanakan lantaran Kepala Dinas Pariwisata sebelumnya MA Dezire Mulyani telah memasuki masa pensiun. Sementara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan merupakan nomenklatur baru. Semula Pemadam Kebakaran jadi satu dengan Badan Penyelamatan Bencana Daerah (BPBD).

“Hingga batas akhir pendaftaran pada Senin (4/9) pukul 23.59 malam, sebanyak 10 orang pejabat baik dari Sekretaris Dinas/Badan, Kepala Bidang, Kepala Bagian hingga Camat mengikuti seleksi kali ini,” ujar Sudiana.

Menurut Sudiana, setelah pendaftaran, tahapan dilanjutkan dengan Seleksi Administrasi pada 5 – 6 September 2023. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi akan dilaksanakan pada 8 September 2023. Dilanjutkan dengan Penilaian Rekam Jejak pada 11 – 12 September 2023, dan Pengumuman Hasil Rekam Jejak dilaksanakan pada 14 September 2021.

Untuk Uji Kompetensi oleh Tim Assessment Center/Tim Assessor bagi peserta selanjutnya akan dilaksanakan pada 18 September 2023 oleh Assessment Center BKD Provinsi Bali. Pengumuman Hasil Uji Kompetensi dilaksanakan pada 22 September 2023. Sedangkan tahapan akhir yakni Penulisan Makalah dilaksanakan pada 25 September dan Penilaian Makalah dilakukan pada 26 September 2023.

Sedangkan pengumuman penilaian makalah dilakukan pada 29 September 2023. Pengumuman hasil nilai terakhir seleksi terbuka dilakukan pada 5 Oktober 2023. Selanjutnya penetapan pemenangan dijadwalkan pada 6 Oktober 2023.

“Tentu kami berharap dengan proses seleksi dua jabatan kepala dinas atau eselon II ini dapat menjaring pimpinan yang berintegritas dalam mendukung visi misi pembangunan Kota Denpasar, khususnya dalam bidang pariwisata serta pemadam kebakaran dan penyelamatan,” kata Sudiana.

Saat dikonfirmasi via telepon, Camat Denpasar Timur I Made Tirana mengatakan melamar posisi Kepala Dinas Damkar ingin mencoba. Apalagi, selama ini kegiatannya sebagai camat lebih banyak di lapangan yang hampir sama dengan kegiatan di Damkar.

Dikatakannya, selama menjadi camat sering ikut menangani terjadinya kebakaran di wilayahnya. Dengan pengalaman tersebut Made Tirana mengaku ingin mencoba melamar sebagai Kadis Damkar yang saat ini tengah dilelang.

“Di lapangan lebih dapat karena orang lapangan juga soalnya. Jadi di Damkar kan lebih banyak di lapangan. Saya selaku camat kan biasa menangani kebakaran dan memang kerja saya juga di lapangan, jadi bisa nyambung ketimbang di Dinas Pariwisata,” ujar Made Tirana. 7 mis

Komentar