nusabali

Sambangi SMA Negeri 1 Gianyar, Bawaslu Berikan Pendidikan Politik

  • www.nusabali.com-sambangi-sma-negeri-1-gianyar-bawaslu-berikan-pendidikan-politik

GIANYAR, NusaBali - Bawaslu Kabupaten Gianyar gencar meningkatkan pola kesadaran masyarakat untuk turut serta mengawal proses Pemilu 2024. Karena sejatinya pemilu merupakan milik seluruh elemen masyarakat.

Hal tersebut disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar Ni Luh Putu Reika Chrisyanti saat memberikan sosialisasi kepada murid SMA Negeri 1 Gianyar, Sabtu (2/9).

“Masyarakat dan pelajar dapat turut serta mengawasi jalannya pemilu dengan melaporkan atau memberikan informasi kepada Bawaslu, jika terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh pihak dari peserta pemilu. Ini sebagai bentuk pengawasan partisipatif yang dilakukan oleh masyarakat umum,” ucap Reika.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Gianyar tersebut menghadirkan Bawaslu Kabupaten Gianyar sebagai narasumber. 

Reika menjelaskan bagaimana para siswa nanti dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang, yang penggunaannya berlandaskan asas luber dan jurdil.

“Jadi untuk penyelenggara pemilu terdapat 3 penyelenggara yaitu KPU sebagai penyelenggara teknis, Bawaslu sebagai pengawas, dan DKPP yang merupakan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Adik-adik sekalian dalam menggunakan hak pilihnya nanti, hak pilih tersebut berdasarkan asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Reika.

Koordinator Divisi, Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Gianyar tersebut menjelaskan tentang kelembagaan Bawaslu sebagai pengawas pemilu yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengawasi seluruh rangkaian penyelenggaraan pemilu yang dilakukan oleh KPU, maupun turut mengawasi kegiatan kepemiluan yang dilakukan oleh peserta pemilu.

“Kami (Bawaslu) dari sisi kelembagaan merupakan lembaga yang bertugas mengawasi seluruh rangkaian penyelenggaraan pemilu yang dilakukan oleh KPU maupun turut mengawasi kegiatan kepemiluan yang dilakukan oleh peserta pemilu,” jelas Srikandi Bawaslu Kabupaten Gianyar tersebut. 7 nvi

Komentar