nusabali

Igat Desak Ganjar Pranowo Realisasikan Badan Manajemen Talenta

  • www.nusabali.com-igat-desak-ganjar-pranowo-realisasikan-badan-manajemen-talenta

JAKARTA, NusaBali - Relawan Jaringan Kerja Akar Rumput Bersama Ganjar (Jangkar Baja) berharap besar, bakal calon presiden Ganjar Pranowo terpilih dalam Pilpres 2024 mendatang. Kelak, bila pria yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut terpilih sebagai orang nomor satu di Indonesia, bisa merealisasikan Badan Manajemen Talenta.

"Besarnya potensi ekonomi kreatif di Indonesia, membuat saya menaruh harapan besar kepada Mas Ganjar Pranowo jika dipercaya rakyat di pilpres 2024, agar merealisasikan lebih konkrit Keppres Nomor 21 tahun 2021 tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional yang ditandatangani Presiden Joko Widodo," ujar Ketua Presidium Nasional Jangkar Baja, I Ketut Guna Artha (Igat), Rabu (30/8).

Secara teknis, lanjut Igat, badan tersebut sebagai upaya konkrit pemerintah dalam memfasilitasi kreatifitas dan talenta anak-anak muda di berbagai bidang baik sains, digital, olahraga, musik dan seni tradisi. "Jadi, talenta-talenta muda sejak dini sudah terarah, apakah kelak menjadi ilmuwan/periset, atlet, musisi profesional, pelaku ekokomi digital dan seterusnya," papar Igat.

Untuk itu, peran negara diperlukan lebih serius dalam mengelola potensi dan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif melalui Badan Manajemen Talenta. Hal ini, seperti dilakukan oleh beberapa negara. "Amerika berhasil menciptakan Hollywood, India melahirkan Bollywood dan Korsel melahirkan K-POP," terang Igat.

Sebagai salah satu relawan Ganjar Pranowo, kata mantan Sekjen DPN Peradah Periode 2009-2012 ini, Jangkar Baja telah menginisiasi acara Bedah Lagu dan Music Perform di Sekretariat Rumah Aspirasi, Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Ganjar Pranowo, Jalan Diponegoro Nomor 72, Menteng, Minggu malam (27/8).

Menurut dia, konsep acara, berangkat dari disrupsi teknologi yang telah mengubah cara pandang dan perilaku manusia atas lompatan teknologi. Khususnya dalam industri seni musik, sehingga saat ini untuk menghasilkan karya lagu telah tersedia sofware yang memudahkan melakukan aransemen lagu dan rekaman tanpa harus dengan pemain band secara live.

Bahkan bisa memainkan sebuah lagu dalam waktu bersamaan oleh pemain alat musik dari berbagai belahan dunia, temasuk konser live streaming. "Digitalisasi musik kini telah banyak melahirkan karya-karya musik yang tidak lagi melalui perangkat compact disk, karena tersedia berbagai platform music digital yang dapat diakses dan diunduh dengan mudah melalui gawai (hp)," imbuh Igat.

Dalam Bedah Lagu dan Music Perform itu, lanjut Igat, menampilkan DJ Rangga, Messhita Putri, Glory, Intisore, Michael Felisianus, Dakara, Troops of Brutallity dan Brother Potlot. Tak ketinggalan Igat turut tampil secara live membawakan enam lagu karyanya bersama Wahyu Cahyono (Owno). Mereka diiringi permainan drum dari Budhy Haryono (ex Drumer GIGI, Krakatau Band), dan Reynold Affandi (ex Gitaris Slank).

Ke enam lagu itu, sebagian besar berkisah tentang Ganjar Pranowo. Judulnya, Bersama Rambut Putih, Indonesia Bersyukur, Kendalikan Bencimu, Dia Dinanti, Selalu Dihati Untuk Dinanti dan Getih Getah. "Kami berterimakasih bisa tampil pada Panggung Mas Ganjar yang didukung oleh Rumah Aspirasi. Dan secara khusus berterimakasih telah dihadiri oleh Mas Zaini Makarim Supriyatno (Jeni), adik Mba Atikoh Ganjar Pranowo," terang Igat. k22

Komentar