nusabali

Pertamina-PIMTI Kolaborasi Program Sehati

Tingkatkan Kapasitas UMKM Perempuan Karangasem

  • www.nusabali.com-pertamina-pimti-kolaborasi-program-sehati

DENPASAR, NusaBali - Untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Perempuan di Desa Bukit Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melakukan kolaborasi dengan Ikatan Pimpinan Tinggi Perempuan Indonesia (PIMTI).

Pertamina memberikan bantuan pengembangan UMKM Perempuan Desa Bukit senilai Rp 151 juta  yang akan digunakan pembelian peralatan usaha dan pelaksanaan kegiatan penunjang lainnya. 

Kerjasama pelaksanaan program Pertamina Sehati (Sehat Anak Ibu Tercinta) ini  diserahterimakan secara simbolis  oleh Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini kepada Ketua Presidium PIMTI, Lenny N Rosalin yang juga Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) pada agenda sosialisasi Gemarikan dari KemenPPPA di Serangan, Denpasar Selatan pada Sabtu (26/8).

Kegiatan usaha yang telah dilaksanakan UMKM Kelompok Wanita Desa Bukit yakni kerajinan ata yang telah memproduksi barang bernilai jual seperti tas, keranjang, kotak tisu, piring jajanan tradisional. Kemudian juga ada kelompok wanita pembuat tusuk sate, pengolahan minyak kelapa, virgin coconut oil (VCO), hingga kelompok wanita pengolah kue tradisional. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

mengapresiasi program Pertamina dalam pemberdayaan perempuan ini. Dalam sambutannya, ia juga mengatakan sumber daya yang paling berharga bagi suatu bangsa adalah sumber daya manusia. Oleh karena itu, pembangunan sumber daya manusia harus menjadi titik sentral pembangunan nasional. 

"Mari kita bergandengan tangan, bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung penanganan isu-isu perempuan anak dengan baik sehingga ke depannya dapat mewujudkan perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju," ucap Bintang Puspayoga.

Sementara itu Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan Pertamina Sehati adalah salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sesuai dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat Energizing Community. 

Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. “Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan,” kata Ahad.7mao

Komentar