nusabali

Finalis Jegeg Bagus Jembrana 2023

Promosikan 5 Desa Wisata Jembrana

  • www.nusabali.com-finalis-jegeg-bagus-jembrana-2023

NEGARA, NusaBali - Malam Grand Final Jegeg Bagus Kabupaten Jembrana tahun 2023 digelar di panggung terbuka Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Sabtu (26/8) malam. Dalam acara tersebut, 20 finalis (10 finalis Jegeg dan 10 finalis Bagus) ditantang berorasi tentang promosi lima desa wisata di Kabupaten Jembrana.

Lima desa wisata yang dijadikan bahan orasi promosi para finalis ini, yakni Desa Wisata Ekasari, Desa Wisata Blimbingsari, Desa Wisata Manistutu, Desa Wisata Perancak, dan Desa Wisata Yehembang Kangin. Orasi itu, menjadi salah satu bagian penilaian untuk mengetes wawasan atau kecakapan para finalis. Karena mereka juga diharapkan menjadi duta promosi pariwisata Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang hadir dalam acara tersebut, mengajak para finalis Jegeg Bagus Jembrana turut mengkampanyekan Jembrana Emas 2026. "Kalian adalah orang-orang terpilih secara brain, beauty, dan behavior. Saya kira dengan kelebihan itu, adik-adik paham betul apa itu Jembrana Emas 2026. Jembrana emas adalah harapan kita semua. Tujuannya yakni menyejahterakan masyarakat Jembrana," ujarnya.

Di samping itu, Bupati Tamba juga meminta agar para finalis Jegeg-Bagus ini bisa menjadi teladan di masyarakat. Termasuk diharapakan agar ilmu yang telah didapat dalam ajang bergengsi ini, disebarluaskan kepada para sejawat generasi muda Jembrana. "Ilmu yang diperoleh dishare sebanyak-banyaknya. Sehingga dari kalian membawa pengaruh positif bagi generasi muda untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas," ucap Bupati Tamba.

Terkhusus kepada dewan juri, Bupati Tamba meminta agar malakukan penilaian secara objektif sehingga bisa melahirkan duta Jegeg Bagus Jembrana yang berkompeten. Mengingat ke depannya, tugas Jegeg-Bagus Jembrana ini tidaklah mudah. Di mana setelah ajang ini, duta Jegeg Bagus Jembrana yang terpilih akan dipersiapkan untuk bersaing dengan para duta Jegeg Bagus se-Bali.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara mengatakan, Malam Grand Final Jegeg Bagus Jembrana ini merupakan puncak rangkaian pemilihan Jegeg Bagus Jembrana yang tahap seleksinya telah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Sebelum mencapai 10 besar, sempat diawali proses seleksi yang diikuti ratusan peserta. Para finalis yang terpilih ini, juga sempat mengikuti pra-karantina sebanyak delapan kali.

"Beberapa aspek penilaian dalam ajang Jegeg Bagus kali ini ditekankan pada kecerdasan akademis dan non akademis (brain), kecantikan dan ketampanan (beauty), tingkah laku dan budi pekerti luhur (behavior). Dinilai oleh para juari yang berkompeten dan secara langsung disaksikan Bupati Jembrana yang ikut serta memberikan pertanyaan bagi para finalis. Semoga dapat menghasilkan duta yang terbaik untuk kabupaten Jembrana," ucap Sapta Negara.

Dalam Malam Grand Final Jegeg Bagus Jembrana tahun 2023 itu, terpilih sengaja Jegeg Jembrana, Ni Komang Regita Putri Wijayanti yang merupakan seorang mahasiswi Universitas Udayana. Sedangkan Bagus Jembrana 2023, diraih Wayan Eka Putra Suradnyana yang merupakan siswa SMK Negeri 3 Negara. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, perwakilan Forkopimda Jembrana, Sekda Jembrana I Made Budiasa, sejumlah Kepala OPD Pemkab Jembrana dan Jegeg Bagus Kabupaten/Kota se-Bali.7ode

Komentar