nusabali

Peringati Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Pemkab Gianyar Gelar Apel Bendera

  • www.nusabali.com-peringati-hari-kemerdekaan-ke-78-ri-pemkab-gianyar-gelar-apel-bendera
  • www.nusabali.com-peringati-hari-kemerdekaan-ke-78-ri-pemkab-gianyar-gelar-apel-bendera
  • www.nusabali.com-peringati-hari-kemerdekaan-ke-78-ri-pemkab-gianyar-gelar-apel-bendera

GIANYAR, NusaBali - Pemkab Gianyar menggelar upacara peringatan HUT ke-78 RI di Alun-alun Gianyar, Kamis (17/8).

Semangat peserta upacara tidak kendor meski sempat diguyur hujan. Upacara diikuti para siswa, Pramuka, TNI, Polri, dan pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar. Tema peringatan tahun ini, ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’. 

Tema ini sebagai refleksi semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama mewujudkan Indonesia maju. Deskripsi itu digambarkan dalam karakter visual yang menyiratkan rasa tegas, stabil, lugas, serta merefleksikan gelora semangat perjuangan sebagai energi gerak progresif. Melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai aspirasi untuk memajukan kesejahteraan rakyat, memproduksi sumber daya manusia unggul untuk menghadapi persaingan global.

Selain filosofi, logo tersebut juga memiliki makna tiap bentuk garis padat horizontal dalam pembentukan angka 7 diasosiasikan sebagai tongkat estafet. Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Angka 7 berbentuk arah panah ke atas bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju. Terbentuk dari 5 garis melengkung melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju. 

Seusai apel bendera di Alun-alun Gianyar, Bupati Mahayastra beserta para undangan menuju balai budaya untuk melaksanakan resepsi. Bupati Mahayastra melakukan tatap muka dengan para veteran serta tokoh-tokoh masyarakat. Selanjutnya memberikan remisi. Sore hari menggelar apel penurunan bendera. Sehari sebelum apel peringatan HUT RI, Bupati Mahayastra memimpin renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kreta Kirttya Mandala, pukul 00.00 Wita. @ nvi

Komentar