nusabali

Pemilah Sampah Dicek Kesehatan

  • www.nusabali.com-pemilah-sampah-dicek-kesehatan
  • www.nusabali.com-pemilah-sampah-dicek-kesehatan

NEGARA, NusaBali - Menyambut HUT ke-78 RI tahun 2023, Komunitas Relawan Jembrana (KRJ) bersama petugas Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Jembrana menggelar aksi sosial di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (13/8).

Dalam aksi sosial itu, diadakan pembagian paket sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para pemilah sampah di TPA setempat. 

Total ada 17 paket sembako yang dibagikan kepada para pemilih sampah atau pemulung ini. Dalam paket sembako itu, diantaranya berisi beras, minyak, gula, teh, garam, roti, hingga sereal siap saji. Sementara dari Tim Dokkes Polres Jembrana sendiri, selain pemeriksan kesehatan, juga ada membagikan masker, obat-obatan dan vitamin gratis. 

Ketua KRJ Erdi Suradipradja mengatakan, kegiatan sosial ini, merupakan kegiatan rutin. Kebetulan dalam rangka menyambut HUT RI tahun ini, pihaknya memilih berbagi dengan para pemilah sampah yang sebagian besar adalah kaum perempuan dan lanjut usia (lansia) tidak mampu. "Kami bekerjasama dengan Tim Dokkes Polres Jembrana membagikan 17 paket sembako, masker dan pemeriksaan kesehatan juga vitamin serta obat," ucapnya. 

Sementara dalam kesempatan tersebut, Baur Sidokkes Polres Jembrana Aipda Adi Sadnyana Putra sempat memberikan edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan bagi para pemilah sampah ini. Mereka diharapkan agar selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. "Jadi harus dijaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker yang benar, rajin mencuci tangan. Ini juga demi kesehatan agar bisa tetap bekerja," ujarnya.

Sementara Koordinator TPA Peh, Ketut Suardika mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya aksi sosial di TPA Peh ini. Pihaknya pun mengaku selalu mengingatkan para pekerja, pemulung dan pemilah sampah di TPA agar senantiasa menjaga kesehatan dan keamanan. "Kami bersyukur masih ada kepedulian dengan kegiatan sosial di TPA ini," ucapnya. 7ode

Komentar