nusabali

Bali–Republik Ceko Jajaki Kerja Sama

  • www.nusabali.com-bali-republik-ceko-jajaki-kerja-sama

Saat bertemu warga Bali di Praha, Wagub Cok Ace menyampaikan agar selalu menjaga nama baik Bali, jangan melupakan akar budaya sebagai orang Bali, dan patuhi peraturan yang berlaku di Ceko.

PRAHA, NusaBali
Setelah melaksanakan prosesi Mendem Dasar atau Nasarin di Dolina Charlotty, Kota Slupsk, Polandia pada Saniscara Pon Dungulan, Sabtu (5/8) lalu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) memenuhi undangan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia YM Jaroslav Dolecek. Kedua belah pihak menjajaki kerja sama di berbagai bidang mulai pendidikan hingga pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace diterima oleh Duta Besar dan pejabat perwakilan kantor Kemenlu Republik Ceko untuk Asia Jiri Brodsky, bertempat di kantor Kementerian Luar Negeri Republik Ceko, Selasa (8/8).

Pada kesempatan yang juga dihadiri oleh Koordinator Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha Ernawati, pertemuan tersebut membicarakan potensi kerjasama yang bisa dilakukan antara Pemerintah Provinsi Bali, Indonesia, dengan Pemerintah Republik Ceko, antara lain di bidang pendidikan, seni, budaya, dan pariwisata.


Sebagai Guru Besar di bidang arsitektur, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa Kota Praha bisa dijadikan sebagai referensi untuk mahasiswa teknik arsitektur yang ingin belajar mengenai struktur bangunan kuno dan bersejarah yang ada di sana. Pemerintah dari kedua pihak bisa melakukan pertukaran mahasiswa (darmasiswa) atau pemberian beasiswa kepada anak-anak muda.

Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia YM Jaroslav Dolecek mengatakan sangat menghargai kunjungan Wagub Cok Ace karena akan membantu untuk membuka pintu komunikasi dan kerjasama yang lebih baik antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Republik Ceko.

Sebelum kunjungan ke kantor Kementerian Luar Negeri, pada momentum yang sama Wagub Cok Ace juga diundang oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Ekaningsih, untuk bertemu dengan komunitas masyarakat Bali dan pengusaha pariwisata yang ada di Praha dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace menyampaikan kepada saudara-saudara Bali yang tinggal dan bekerja di Praha agar selalu menjaga nama baik Bali, jangan sampai melupakan akar budaya sebagai orang Bali dan tentu mematuhi peraturan yang berlaku di Ceko.

Di akhir pertemuan tersebut, Wagub Cok Ace menyampaikan mengenai Nangun Sat Kerthi serta memutar video pembangunan infrastruktur Bali seperti penataan kawasan Pura Besakih, short-cut Denpasar – Singaraja, pelabuhan Segitiga Emas (Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan), sehingga masyarakat Bali yang ada di Praha dan sekitarnya mengetahui informasi pembangunan Pulau Bali sampai saat ini. 7 cr78

Komentar